Aklamasi, Zainal Nakhodai PWI Kalteng Periode 2024-2029

Aklamasi, Zainal Nakhodai PWI Kalteng Periode 2024-2029

PULANG PISAU - Wartawan senior Kalimantan Tengah (Kalteng), Muhammad Zainal dipercaya memimpin Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalteng untuk periode 2024-2029.

Ia terpilih secara aklamasi setelah diputuskan melalui Sidang Pleno Konferensi PWI di aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Sabtu (13/7/2024). 

"Saya pribadi mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus PWI se-Kalteng, yang telah mempercayakan memimpin PWI Kalteng periode 2024-2029. Juga kepada para pihak yang telah mendukung jalannya Konferensi saya ucapkan terima kasih sedalam-dal trytamnya, sehingga prosesnya berjalan lancar," ucap Zainal. 

Ia mengatakan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) adalah organisasi wartawan pertama di Indonesia. PWI berdiri pada 9 Februari 1949 di Surakarta.

Wartawan yang tergabung dalam  PWI, lanjut Zainal, wajib berpegang kepada kode etik jurnalistik dalam menjalankan tugasnya sebagai insan pers. 

"Wartawan selain dibatasi ketentuan hukum, seperti UU Pers No 40 Tahun 1999, juga harus berpegang kepada kode etik jurnalistik. Tujuannya sendiri, agar para wartawan lebih profesional dan bertanggungjawab saat menjalankan profesinya, yakni dalam mencari dan menyajikan informasi dengan berimbang untuk kepentingan publik dan lainnya," ucap Zainal sembari berpesan. 

Selain itu, tambah Zainal, seluruh wartawan yang tergabung dalam organisasi PWI, khusus di PWI Kalteng siap bersinergi pemerintah dalam rangka bersama membangun daerah. 

"Terlepas hal itu, masukan dan kritikan bersifat membangun tetap menjadi bagian dari tugas wartawan. Memasuki pemilu serentak 2024 ini, kami para insan pers terus mengawal dan terlibat langsung di lapangan memantau proses penyelenggaraannya," katanya. 

Sementara, Konferensi PWI Provinsi Kalteng 2024 dihadiri Sekda Kalteng Drs. Nuryakin,  Ketua Umum PWI Pusat Hendry CH Bangun, unsur Forkopimda Kalteng, Bupati/ Pj. Bupati dan Pj. Wali Kota Palangka Raya, Kepala Perangkat Daerah dan Instansi vertikal di Lingkup Provinsi Kalteng, Ketua Ombudsman Kalteng Biroum Bernardianto, Ketua PWI Prov. Kalteng Muhamad Zainal, Para Ketua dan Anggota PWI se-se-Kalteng serta Rekan-rekan insan pers.[manan]

Lebih baru Lebih lama