Antisipasi Bencana Alam, Pemkab Gelar Apel Gabungan Kesiapsiagaan

Antisipasi Bencana Alam, Pemkab Gelar Apel Gabungan Kesiapsiagaan

BUNTOK - Apel gabungan sekaligus pengecekan Sarana dan Prasarana (Sarpras) digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (Barsel), di halaman Kantor Bupati, Senin (15/7/2024). Ini dilakukan sebagai kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam. 

Apel gabungan langsung diinspekturi Pj Bupati Barsel, Deddy Winarwan. Di momen ini Ia mengatakan, apel ini untuk mengecek kesiapan seluruh personel yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) tanggap bencana.

"Mengecek kelengkapan Sarpras dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan dan meningkatkan kesadaran serta kewaspadaan untuk upaya mitigasi bencana alam yang terjadi di Kabupaten Barsel. Kita ketahui bersama beberapa hari lalu BMKG memberitahukan perubahan cuaca mulai Juli-Agustus 2024 memasuki musin kemarau,” ucapnya.

Menurut Deddy, akibat dampak perubahan cuaca yang tidak menentu menyebabkan sejumlah wilayah Indonesia terjadi bencana alam seperti banjir, tanah longsor, angin kencang serta puting beliung, gempa dan lain sebagainya.

Karenanya dalam menghadapi setiap perkembangan situasi pada saat musim kemarau,  perlu adanya perencanaan yang baik serta kesiapan khususnya peralatan dan personel agar siap dipakai dan digunakan kapanpun juga.

“Karena itu hendaknya kita dapat memberikan informasi kepada warga khususnya yang berada di kawasan rawan bencana sehingga masyarakat akan memahami apa-apa yang harus dilakukan apabila sewaktu-waktu terjadi bencana,” pungkasnya.[harlinto]

Lebih baru Lebih lama