Apresiasi Bulan K3, Wagub Kalteng Serahkan Penghargaan Zero Accident

Apresiasi Bulan K3, Wagub Kalteng Serahkan Penghargaan Zero Accident

PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H Edy Pratowo menyerahkan penghargaan Zero Accident di momen Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2024, tepatnya di Bahalap Hotel Palangka Raya, Selasa (16/7/2024).

Wagub mengatakan, pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul tidak hanya mengusung penyusunan regulasi yang baik di bidang ketenagakerjaan, tetapi juga meningkatkan pemahaman dan kesadaran kepada seluruh pihak dalam menerapkan norma ketenagakerjaan.

“Salah satu kunci penting dari pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul adalah dengan membangun budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang baik. Dengan adanya budaya K3 yang unggul, maka angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja akan dapat ditekan, yang pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan produktivitas kerja,” ucap tuturnya kepada awak media.

Menurut Wagub, pemberian penghargaan Zero Accident dari Gubernur Kalteng kepada perusahaan yang ada di Kalteng merupakan salah satu upaya dari Pemprov Kalteng dalam memberikan apresiasi dan motivasi kepada manajemen perusahaan yang telah menerapkan K3.

“Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berperan aktif dalam mengembangkan, mempromosikan serta membudayakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di lingkungan kerja masing-masing,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov Kalteng, Farid Wajdi menyampaikan, perusahaan yang menerima penghargaan Zero Accident sebanyak 54 perusahaan dan penghargaan pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS sebanyak 20 perusahaan.

“Kami berharap seluruh perusahaan di Kalimantan Tengah menyadari kunci penting pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yaitu budaya K3 yang baik, meningkatkan kualitas hidup dan indeks pembangunan manusia, serta menunjang pembangunan nasional dan daya saing global,” pungkasnya.

Tampak hadir Kepala Dinas Perkebunan Kalteng, Rizky Badjuri, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Palangka Raya, Huzaifah, Pimpinan Manajemen Perusahaan di Wilayah Kalteng, serta yang mewakili Kepala BPJS Kesehatan dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kalteng.[deni]

Lebih baru Lebih lama