Bawaslu Gandeng PWI Kapuas Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif Pilkada 2024

Bawaslu Gandeng PWI Kapuas Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif Pilkada 2024

SUASANA sosialisasikan Pengawasan Partisipatif Pilkada 2024 Bawaslu bersama PWI Kapuas.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Upaya untuk mensukseskan perhelatan pesta demokrasi Pilkada serentak 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kapuas bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kapuas menggelar diskusi pengwasan partisipatif melalui media massa, Kamis (25/7/2024), berlangsung di Hotel Al Madani Jalan Patih Rumbih Kuala Kapuas.

Acara dikemas dengan tajuk Kopdar atau kopi darat dengan tema "Bersama Rakyat Awasi Pemilu Bersama Bawaslu Tegakan Keadilan Pemilu".

Kegiatan tersebut diikuti dan dihadiri KPU Kapuas, stakeholder terkait serta puluhan wartawan dari media cetak, elektronik dan media online di Kabupaten Kapuas.

Acara secara resmi dibuka Kepala Badan Kesbangpol Kapuas, Yunabut. Dalam sambutannya Ia menyampaikan menyambut baik kegiatan tersebut.

"Dan tentunya pelaksanaan Pikada ini pemerintah daerah mengharapkan dapat berjalan dengan baik sukses dan lancar sesuai harapan," ujarnya.

Ketua Bawaslu Kapuas, Iswahyudi Wibowo mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dan media massa dalam memantau jalannya tahapan-tahapan Pilkada. 

Ia menekankan pentingnya sinergi Bawaslu dengan media massa terkait pengawasan partisipatif untuk menyukseskan Pilkada.

"Media massa diharapkan bisa menjadi corong bagi kami dalam hal pengawasan partisipatif. Tujuannya adalah agar masyarakat dapat memahami tugas dan fungsi Bawaslu," kata Iswahyudi.

Sementara itu, Ketua PWI Kapuas, Sri Hayati menyampaikan, kegiatan tersebut juga dimaksudkan menidaklanjuti Surat Edaran (SE) Mendagri dan SE PWI Pusat terkait Stabilitas Penyelenggaraan Kegiatan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, dan Wali Kota/Wakil Wali Kota.

"Pada poin pertama, yaitu menindaklanjuti SE Mendagri agar masing-masing pengurus PWI setiap tingkatan bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk membuat rencana sosialisasi terhadap seluruh calon pemilih dari berbagai kalangan," katanya.

Yakni berkoordinasi dengan KPU, Bawaslu, TNI, Polri dan kalangan akademisi untuk bersama-sama terlibat pada kegiatan sosialisasi, edukasi dan literasi kepada calon pemilih.

"Dalam rangka mensukseskan Pilkada Kabupaten Kapuas agar berjalan sukses damai dan lancar," pungkasnya.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama