Bincang Santai, KPU bersama PWI Kapuas Bahas Tahapan Pilkada 2024

Bincang Santai, KPU bersama PWI Kapuas Bahas Tahapan Pilkada 2024

SUASANA acara bincang santai KPU dan PWI Kabupaten Kapuas.| foto : zulkifli 

KUALA KAPUAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kapuas menggelar agenda bincang santai, Selasa (2/7/2024) malam di Hotel Fovere Jalan Pemuda Kuala Kapuas.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Waka Polres Kapuas, Pasi Intel Kodim 1011/Klk, Ketua Bawaslu, Sejumlah Komisioner KPU Kapuas dan jajarannya, perwakilan Diskominfosantik, Pengurus dan anggota PWI, IJTI Kapuas, organisasi kepemudaan hingga pegiat medsos.

Acara dibuka Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kapuas, Yunabut. Dalam sambutannya, Ia menekankan pentingnya peran media dalam menyampaikan informasi yang akurat dan mendidik masyarakat terkait proses pemilihan.

Plh Ketua KPU Kapuas, Dina Mariana dalam paparannya menyampaikan bahwa keterlibatan semua pihak, terutama media, sangat krusial untuk memastikan Pilkada 2024 berjalan dengan transparan dan demokratis. 

"Kami berharap melalui kegiatan ini, rekan-rekan media dapat lebih memahami proses dan tahapan Pilkada, serta dapat menyampaikan informasi ini kepada masyarakat dengan tepat dan jelas," ujarnya.

Ia juga menambahkan, saat ini KPU Kapuas tengah melaksanakan tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih yang bertujuan untuk memastikan  akurasi data pemilih.

Sementara itu, Ketua PWI Kapuas, Sri Hayati menyampaikan kegiatan ini juga sejalan dengan Surat Edaran (SE) PWI Pusat tentang sosialisasi dan edukasi penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2024.

Surat edaran tersebut ungkap Ketua PWI Kapuas  merupakan respon atas SE Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 200.2.1/2222/SJ tentang Stabilitas Penyelenggaraan Kegiatan Pilkada Serentak Tahun 2024.

Yang mana didalamnya mengamanatkan kepada PWI untuk menjalin kerjasama dengan KPU dan berkoordinasi dengan Forkopimda serta seluruh stakeholder dan TNI/Polri guna menyukseskan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024.

"Karena itu kami mengapresiasi inisiatif KPU Kapuas dalam mengadakan acara bincang santai ini. Kolaborasi antara KPU dan media sangat penting untuk menciptakan pemilihan yang adil dan berintegritas," ujarnya.

Selanjutnya dengan digelarnya kegiatan bincang santai ini, diharapkan sinergi antara KPU, media, dan masyarakat dapat semakin kuat, sehingga Pilkada 2024 di Kabupaten Kapuas dapat terlaksana dengan sukses dan lancar.

Sementara diskusi yang berlangsung hangat ini membahas berbagai aspek penting terkait tahapan Pilkada, termasuk pendaftaran calon, verifikasi, kampanye, hari pemungutan suara. Juga tentang pengawasan Pilkada, sosialiasi hingga potensi kerawanan dalam Pilkada mendatang.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama