Buka Pasar Murah, Wagub Edy: Tekan Penurunan Inflasi di Kalteng

Buka Pasar Murah, Wagub Edy: Tekan Penurunan Inflasi di Kalteng

WAGUB Kalteng, Edy Pratowo saat membuka pasar murah di Muara Teweh.| foto : istimewa

MUARA TEWEH - Wakil Gubernur (Wagub) Edy Pratowo meninjau sekaligus membuka pasar murah yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) di Gedung Bulog Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Senin (22/7/2024).

Wagub menyampaikan bahwa pasar murah yang digelar tersebut, selain supaya tidak terjadi inflasi, sekaligus dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-74 Kabupaten Barito Utara.

"Inflasi adalah kenaikan harga yang menyangkut bahan-bahan kebutuhan pokok. Kita pernah mengalami inflasi dan berada di urutan ketiga tertinggi secara nasional, yang disebabkan oleh beras, minyak goreng, gula, daging, bawang merah, bawang putih dan cabe. 

"Bapak Presiden Republik Indonesia menginstruksikan para Gubernur, Bupati dan Walikota agar melakukan intervensi dengan cara melakukan pasar penyeimbang yang menyangkut bahan kebutuhan pokok yang kira-kira mengalami kenaikan harga," ungkapnya.

Dijelaskan Wagub, pasar penyeimbang itu digelar di seluruh Kalteng, dimana pelaksanaannya Pemprov Kalteng memberikan beras 10 kilogram, minyak goreng 1 liter dan gula 1 kilogram dengan total harga Rp215.000.

Pemprov Kalteng dalam kebijakannya dengan memberikan subsidi senilai Rp195.000, sehingga masyarakat hanya menebus dengan harga Rp20.000. Kemudian kembali disubsidi oleh DPRD Provinsi Kalteng sehingga masyarakat menerima paket sembako secara gratis.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama