Dinas PUPR Barsel Hadiri Ngopi Bareng di Cafe Galaxy Buntok

Dinas PUPR Barsel Hadiri Ngopi Bareng di Cafe Galaxy Buntok

BUNTOK - Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Muara Teweh Kantor Cabang Pembantu Buntok menggelar acara Ngopi ngobrol perkara kontraktor dan perbankan bersama kontraktor se Barito Selatan, beberapa waktu lalu, di cafe Galaxy Buntok.

Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Dinas PUPR Barito Selatan, Dr Ita Minarni, MT yang diwakili oleh Kabid Bina Jasa konstruksi Dinas PUPR Barsel Hawino, ST, MEng dan Yudy Sisturino Solihin Pemimpin Cabang BNI Muara Teweh. Hadir pula dalam kegiatan tersebut sejumlah kontraktor yang ada di Barito Selatan. 

Acara dimulai dengan paparan oleh kepala Branch Manager BNI Cabang Muara Teweh, Yudy Sisturino Solihin yang dilanjutkan dengan paparan dari Kabid Bina Jasa Konstruksi Dinas PUPR Barsel, Hawino. Kemudian dilanjutkan dengan dialog bersama kontraktor yang hadir pada saat itu.

Usai kegiatan, Branch Manager BNI Cabang Muara Teweh, Yudi Sisturino Solihin kepada sejumlah wartawan mengatakan, pihaknya berterima kasih ke Dinas PUPR Barsel yang bisa hadir bersama. Pada prinsipnya karena PT Bank Negara Indonesia (BNI) adalah milik negara yang sahamnya pun punya Negara Republik Indonesia, keberadaan BNI diharapkan bisa menjadi nilai tambah untuk pemerintah daerah di mana pihaknya beroperasional.

"Kami di Barito Selatan ada Kantor Cabang Pembantu ,yakni BNI Kantor Cabang Pembantu Buntok. Sehingga kami coba berperan terkait bisnis maupun support untuk permodalan bagi kontraktor yang merupakan mitra dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Barsel," jelasnya. 

Support BNI terutama adalah di permodalan, jika mereka membutuhkan pinjaman berupa pinjaman modal kerja mau berinvestasi untuk mempermudah, memperlancar pekerjaan teman-taman kontraktor di Barito Selatan kami siap support.

“Tentu saja hal ini akan terus meningkatkan dan mempermudah kelancaran dari project-project yang ada Dinas PUPR. Kami juga berharap digitalisasi yang kami lakukan karena memang kami mengarah ke digitalisasi perbankan berupa BNI Direct atau internet Bankingnya BNI, untuk mempermudah bagi para kontraktor untuk melakukan transaksi, tidak harus ke bank tapi bisa dilakukan di kantor masing-masing. Jadi dengan adanya BNI direct ini juga akan mempermudah teman-teman kontraktor membayar pajak, membayar gaji pegawai dan juga membayar hal-hal lain, transfer ke sesama BNI ataupun ke bank lain. Salah satu tugas kami adalah berperan penting untuk masyarakat dan usahawan atau kontraktor yang ada di Kabupaten Barito Selatan,” ujar Yudy.

Disinggung tadi pada saat dialog mengemuka masalah BPJS Ketenagakerjaan yang mana kesulitannya di Barito Selatan tidak ada kantor perwakilan, Yudy mengatakan bahwa sebenarnya bukan kewenangan pihaknya menjawab.

"Karena BNI itu kan sebagai bank pembayar. Terkait syarat, ketentuan dan kewenangan untuk mencairkan itu ada di BPJS, kamikan mendapat perintah bayar dari BPJS. Kami juga mendapat kerjasama supaya menerima pembayaran. Terkait dengan pencairan dan lainnya dan kewenangannya BPJS itu sendiri. Nah berhubung kami ada forum komunikasi antar BUMN. Sehingga dapat kami tampung dan nantinya juga akan kita sampaikan ke pihak terkait atau BPJS. Terkait dengan kantor perwakilan itu kewenangan BPJS tenaga kerja itu sendiri. BNI tidak berwenang untuk menentukan hal itu. Kami akan sampaikan di Forum Komunikasi, ya mudah-mudahan nanti tim dari BPJS TK yang ada di Muara Teweh bisa hadir ke sini untuk bisa bersilaturahmi juga memberikan solusi kepada masyarakat khususnya kontraktor yang ada di Barsel," bebernya. 

Di tempat yang sama, Kepala Dinas PUPR Barito Selatan, Dr. Ita Minarni, MT melalui Kepala Bidang Bina Jasa Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Barito Selatan, Hawinu, ST MEng mengucapkan terima kasih kepada Kepala Cabang BNI Muara Teweh yang telah memfasilitasi kegiatan ini dimana dalam kegiatan ini kami bisa bertemu, bisa saling sharing, saling berbagi hal tentang dunia konstruksi bersama-sama dengan para pelaku usaha konstruksi se Kabupaten Barito Selatan.

'Hal ini sangat syukuri, karena kami bisa mendengarkan secara langsung keinginan-keinginan ataupun aspirasi dari pihak pengusaha atau kontraktor yang ada di Kabupaten Barito Selatan. Dengan demikian kami diberi kesempatan oleh BNI dalam forum ini untuk menyampaikan hal-hal apa saja seputaran regulasi maupun sertifikasi tenaga kerja ataupun hal-hal yang lain yang bisa kami sharingkan kepada para kontraktor," tuturnya.

“Harapan kami ke depan acara seperti ini tidak hanya bisa selesai sekarang saja, tapi dalam waktu-waktu ke depan bisa bekerjasama kembali khususnya dengan Bank BNI ataupun dari pihak yang lain. Sehingga kita mengharapkan pembangunan Barsel semakin hari semakin maju," pungkas Hawinu.[halianto]
Lebih baru Lebih lama