Dipimpin Pj Bupati Deddy, Pemkab Barsel Ikuti Rakernas Apkasi

Dipimpin Pj Bupati Deddy, Pemkab Barsel Ikuti Rakernas Apkasi

BUNTOK - Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) ke-16 tahun 2024, yang dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesi Joko Windodo (Jokowi), bertempat di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2024).

Dipimpin Pj Bupati Deddy Winarwan, dan didampingi Ketua TP-PKK, Hj. Erna Adriani Deddy Winarwan, jajaran Pemkab Barsel juga ikut berpartisipasi dalam Apkasi Otonomi Expo 2024 (AOE 2024) dan Apkasi Procurement Network 2024.

Pj Bupati menyampaikan, Rakernas Apkasi merupakan agenda tahunan yang digelar pemerintah pusat untuk membahas isu-isu dan rencana strategis dalam pembangunan daerah, khususnya kabupaten yang berada di wilayah Indonesia.

Sementara, lanjutnya, AOE 2024 salah satu event untuk mempromosikan berbagai produk-produk unggulan daerah, seperti aneka komoditi dan peluang investasi daerah, serta destinasi wisata, dengan tujuan guna meningkatkan perekonomian daerah yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah.

“Kami sangat bersyukur dapat mengikuti kegiatan, karena ini merupakan ajang untuk menyosialisasikan sekaligus mempromosikan potensi-potensi yang dimiliki Kabupaten Barsel, sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas,” ujarnya kepada wartawan saat dihubungi melalui pesan whatsapp, Sabtu (13/7/2024).

Ia menerangkan, sedangkan ajang Apkasi Procurement Network 2024 yang dilaksanakan secara berkala bertujuan untuk meningkatkan serapan anggaran pemerintah daerah melalui belanja barang dan jasa pemerintah. Sebagai wujud perhatian serta gerakan mendukung bangga menggunakan produk dalam negeri.

“Demi mendukung prekonomian nasioan seseaui arahan bapak Presiden Jokowi, Pemkab Barsel terus berupaya memberdayakan kelompok UMKM dan perajin lokal, dan menyosialisasikan kepada masyarakat setempat, pentingnya membeli dan menggunakan produk dalam negeri, terutama hasil karya daerah sendiri,” terangnya.

Ia menuturkan, Rakernas Apkasi 2024 tersebut dilaksanakan selama 3 hari, mulai dari tanggal 10 hingga 12 Juli 2024 mengusung tema, Sinergisitas Pembangunan Berkelanjutan Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah Menuju Indonesia Maju.[harlianto]

Lebih baru Lebih lama