Dipimpin Prabowo, Paman Birin Hadiri Peluncuran Geoportal Kebijakan Satu Peta

Dipimpin Prabowo, Paman Birin Hadiri Peluncuran Geoportal Kebijakan Satu Peta

JAKARTA – Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin, turut menghadiri peluncuran Geoportal Kebijakan Satu Peta 2,0 dan White Paper OMP Beyond 2024, serta Penyampaian Hasil Capaian PSN dan KEK, Kamis (18/7/2024) di Jakarta.

Peluncuran dan penyampaian hasil PSN serta KEK ini dihadiri Presiden terpilih 2024-2029 sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri KLHK Siti Nurbaya, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menkopulhukam Hadi Tjahjanto, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri ESDM Arifin Tasrif, dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Pada acara itu pula, Prabowo yang didampingi Airlangga menyempatkan menyapa para Gubernur yang hadir. Termasuk Gubernur Kalsel Paman Birin.

Ketika Prabowo menghampiri dan hendak disalami, Gubernur Paman Birin melakukan salam hormat kepada Prabowo.

Hormat yang dilakukan Paman Birin pun disambut dengan senang oleh Prabowo yang selanjutnya menyalami gubernur Kalsel dua periode itu.

Paman Birin pun turut menyimak arahan dan sambutan yang disampaikan Prabowo Subianto dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Sementara itu, Prabowo dalam sambutannya mengungkapkan syarat untuk menarik investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia, di tengah gejolak geopolitik dan ekonomi dunia.

Prabowo mengatakan negara yang bisa memberikan kepastian hukum dan iklim investasi yang efisienlah yang akan meraih investasi.

“Kita butuh investasi untuk itu kita butuh iklim baik governance yang baik,” kata Prabowo.

Prabowo menilai kehadiran one map policy berperan strategis dan diharapkan bisa menciptakan suatu efisiensi agar tidak terjadi tumpang tindih penggunaan lahan.

Pasalnya, dari penggunaan lahan bisa berpengaruh pada investasi yang masuk ke tanah air serta kemudahan berusaha.

“Sehingga proses pembangunan bisa cepat. Percepatan adalah elemen dari pemerintahan yang efektif, karena dalam keadaan geopolitik dan geokonomi tidak menentu persaingan antar negara sangat keras,” ungkapnya.

“Platform ini menjadi bagian dari rencana besar pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan tumpang tindih pemanfaatan ruang secara tuntas” tambahnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melaporkan bahwa Proyek Strategis Nasional (PSN) era Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mencapai 233 dengan total nilai investasi mencapai Rp 6.246 triliun.

“Kami juga susun rekomendasi keberlanjutan dalam bentuk white paper 2024, kalau beyond 2024 berarti di eranya Pak Presiden terpilih (Prabowo Subianto). PSN telah ditetapkan 233 PSN, di mana dari 218 projek ini, 15 berupa program, dan investasinya total dari 233 project itu Rp 6.246 triliun dan mempekerjakan 2,71 juta orang,” tutur Airlangga.

Geoportal Satu Peta 2.0 merupakan sebuah peta canggih yang memuat berbagai data geospasial di seluruh Indonesia dan dapat diakses oleh publik.

Perlu diketahui, Kebijakan Satu Peta sendiri sudah dimulai sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kebijakan ini diluncurkan untuk mengintegrasikan data geospasial yang selama ini terpencar di beberapa kementerian dan lembaga.

Sebelumya, Indonesia memiliki 85 peta tematik yang dikeluarkan masing-masing kementerian dan lembaga yang berbeda. Akibatnya, terjadi tumpang tindih peta yang memicu berbagai konflik pertanahan dan efisiensi.

Maka itu, pemerintah ingin mengintegrasikan seluruh peta agar bisa menjadi satu acuan bagi berbagai kebutuhan pembangunan nasional.[advertorial]
Lebih baru Lebih lama