DLH Barsel Gelar KicK Off KLHS

DLH Barsel Gelar KicK Off KLHS


BUNTOK – Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menyelenggarakan pelaksanaan kick off persiapan pembuatan dan pelaksanaan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Barsel, Kamis (11/7/2024).

Asisten Pemerintahan dan Kesra Barsel, Yoga Prasetianto Utomo mengatakan, hasil penyusunan KLHS RPJMD ini akan divalidasi oleh tim vasilidator yang sekretariatnya berada di DLH Provinsi Kalimantan Tengah untuk memperoleh surat validasi dari Gubernur Kalteng. 

Percepatan penyusunan KLHS RPJMD Kabupaten Barsel diharapkan kepada seluruh tim pokja tim penyusun dan tim sekretariat pokja untuk dapat bersinergi dalam memberikan informasi dan data-data.

"Untuk itu bahan dalam penyempurnaan penyusunan KLHS RPJMD dan sebagai dasar pertimbangan dalam mengkaji muatan kebijakan, rencana dan program (KRP) untuk dijadikan jaminan aspek-aspek kelestarian lingkungan dan Pembangunan berkelanjutan di wilayah Kab Barsel,’’ imbuhnya. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Barsel, Bilivson dalam laporannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel diharapkan memiliki KLHS-RPJMD 2025-2030 dengan muatan kebijakan, rencana atau program yang berpotensi menimbulkan pengaruh terhadap kondisi lingkungan hidup dan pembangunan (sustainable) development.

"KLHS RPJMD merupakan salah satu dokumen penting dalam perencanaan pembangunan daerah. Setelah diselenggarakannya kick off persiapan pembuatan dan pelaksanaan KLHS-RPJMD ini akan dilaksanakan Focussed Group Discussion (FGD) untuk penyusunan laporan pendahuluan KLHS-RPJMD Barsel dan dilanjutkan ke tahap konsultasi publik hingga akhirnya terwujud dokumen akhir KLHS RPJMD yang tervalidasi," pungkasnya.[harlianto]

Lebih baru Lebih lama