Gotong Royong, Warga Desa Tebing Tinggi Bersihkan Makam

Gotong Royong, Warga Desa Tebing Tinggi Bersihkan Makam

KEGIATAN masyarakat gotong-royong membersihkan makam.| foto : istimewa

PARINGIN - Dalam rangka menyambut pertengahan bulan, warga Desa Tebing Tinggi Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Balangan melaksanakan tradisi bersih-bersih makam atau gotong royong, Minggu (14/7/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh puluhan warga yang bergotong royong membersihkan kubur muslimin Rambung Raya. Warga membawa alat-alat seperti semprotan, golok, dan lainnya dengan penuh antusiasme.

Hartunu, selaku hansip Desa Tebing Tinggi mengatakan bahwa tradisi ini dilakukan setiap bulan dan juga menjelang bulan Ramadan atau Hari Raya Idulfitri dan Iduladha.

"Kegiatan ini memang merupakan sebuah tradisi masyarakat kita menjelang hari-hari besar," katanya.

Ia menambahkan, tujuan gotong royong ini untuk menjaga kebersihan dan keindahan area kubur muslimin sebagai wujud kepedulian sosial terhadap lingkungan di sekitar Desa Tebing Tinggi.

"Tradisi bersih kubur ini merupakan bagian dari warisan budaya yang kami lestarikan. Kami ingin menjaga keindahan dan ketertiban kubur muslimin Tebing Tinggi sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap lingkungan," ujarnya.

Selama satu setengah jam, warga bersama aparat desa bahu-membahu membersihkan dan merapikan setiap sudut makam. Warga membersihkan rumput liar, menyemprot rumput, dan membersihkan kuburan yang kotor karena dedaunan.

Musdi, salah seorang warga mengapresiasi semangat dan kekompakan masyarakat desa dalam melakukan aksi sosial ini.

"Saya bangga melihat semangat dan kekompakan warga dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan. Semoga tradisi ini terus berlanjut dan menjadi bagian budaya desa kami," imbuhnya.

Ia berharap tradisi bersih makam ini menjadi contoh nyata pentingnya menjaga dan merawat tempat peristirahatan terakhir para leluhur. Diharapkan tradisi ini terus berlanjut dan menjadi bagian budaya masyarakat setempat, serta memperkuat semangat gotong royong dan kebersamaan di Tebing Tinggi.[adv/agus]
Lebih baru Lebih lama