Kemenag bersama Pemkab Kapuas Rayakan Idul Yatama, Ratusan Anak Yatim Diberikan Santunan

Kemenag bersama Pemkab Kapuas Rayakan Idul Yatama, Ratusan Anak Yatim Diberikan Santunan

SUASANA perayaan Lebaran Anak Yatim di Ballroom Rujab Bupati Kapuas.| foto : zulkifli 

KUALA KAPUAS - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kapuas bersama Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalteng, merayakan Idul Yatama atau Lebaran Anak Yatim di daerah itu dengan menyantuni mereka, Selasa (16/7/2024). Perayaan digelar di Hall Rumah Jabatan Bupati Kapuas.

Pada momen peringatan setiap 10 Muharram Hijriah kali ini ada ratusan anak yatim diberikan paket dan santunan yang berasal dari Baznas Kabupaten Kapuas, UPZ Kemenag Kapuas, sumbangan dari Pj Bupati dan Ibu Pj Bupati Kapuas serta Laz Yakesma Kabupaten Kapuas.

Penjabat Bupati Kapuas, Erlin Hardi yang diwakili Asisten III Setda Kapuas, Ahmad M Saribi mengharapkan kegiatan tersebut bisa menjadi agenda  tetap dari pemerintah daerah Kabupaten Kapuas yang bekerjasama dengan Kementerian Agama dan Baznas.

"Kita berharap juga tadi, artinya bahwa dari tiga tujuan kegiatan hari ini  kita adalah kolaborasi antara kemitraan masyarakat pemberdayaan masyarakat dan masing-masing institusi. Saya menginginkan kita berharap dari pemerintah daerah Kabupaten Kapuas agar keinginan potensi umat Islam ini luar biasa kita akan kembangkan," kata Saribi.

"Implementasinya ke depan kita berharap nanti Pemkab Kapuas akan menetapkan regulasi agar potensi dari infaq, sadakah dan zakat mampu akan dikembangkan ke depanya terutama untuk pemberdayaan ekonomi umat," pungkasnya.

Sementara, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kapuas, H. Hamidhan mengatakan, anak yatim yang diikutsertakan pada kegiatan tersebut sebanyak 300 orang.

"Dengan tujuan adalah pertama penguatan lembaga zakat wakaf, yang kedua adalah partisipasi masyarakat yang ketiga sinergitas antara Kementerian Agama, Pemerintah daerah dan lembaga amil zakat serta lembaga-lembaga lain yang keterkaitan dengan zakat wakaf," kata Hamidhan. 

Acara tersebut juga dihadiri jajaran pejabat Pemkab Kapuas, perwakilan Forkopimda, Pj Bunda PAUD/ Ketua TP PKK  Kapuas Agustina Sri Rejeki, sejumlah perwakilan organisasi kewanitaan dan undangan lainnya.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama