Kuliah Umum, Pj Bupati Barsel Jelaskan tentang Kepemimpinan di Era Otonomi Daerah

Kuliah Umum, Pj Bupati Barsel Jelaskan tentang Kepemimpinan di Era Otonomi Daerah


BUNTOK – Kuliah Umum Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan (Barsel), Deddy Winarwan di aula kantor Bappeda setempat, Rabu (17/7/2024).

Kualiah Umum ini mengangkat tema "Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan di Era Otonomi Daerah".

Dalam kegiatan tersebut,  Pj Bupati Barsel mengatakan bahwa kepemimpinan dan inovasi kebijakan adalah dua elemen kunci dalam memastikan keberhasilan otonomi daerah.

"Dengan adanya otonomi daerah, pemerintah lokal memiliki wewenang yang lebih besar untuk mengatur dan mengelola wilayahnya sesuai dengan potensi dan kebutuhan masyarakat setempat untuk mewujudkan tujuan pembangunan yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat serta untuk meningkatkan daya saing daerah," ucapnya.

Ia juga menjelaskan, selain memperkenalkan secara singkat profil Kabupaten Barito Selatan yaitu bahwa Kabupaten Barito Selatan adalah merupakan salah satu kabupaten dari 13 Kabupaten dan 1 Kota di Provinsi Kalimantan Tengah. 

Ia juga menjabarkan 8 prioritas pembangunan, di antaranya penguatan birokrasi dan perbaikan pelayanan publik, penanganan stunting, inflasi dan kemiskinan daerah, prioritas pembangunan infrastruktur di 6 Kecamatan, Ganta Ma  Tumpuk.

86 Desa dan 7 Kelurahan.

Untuk peningkatan kapasitas ASN telah dialokasikan juga untuk beasiswa kuliah S2, S3, program RPL bagi ASN. 

Oleh sebab itu, pada ABPBD Murni TA 2024 Telah disediakan Anggaran ± 20 Milyar Rupiah dan pada P-APBD ditingkatkan lagi menjadi ± 32 Milyar Rupiah. 

Di samping itu dalam rangka meningkatkan peranan lembaga adat, telah juga dianggarkan insentif dan operasional Kedamangan.

‘’Terima kasih Bapak Prof. Dr. Agus Heruanto Hadna Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen dan Kebijakan Publik FISIPOL UGM atas kehadiran dan kesediaannya untuk berbagi ilmu. Semoga semuanya dapat bermanfaat bagi kita semua," tutupnya.[harlianto]

Lebih baru Lebih lama