Lepas Peserta Pawai Tahun Baru Islam, Pesan Pj Bupati Kapuas Terus Jaga Keharmonisan Umat Beragama

Lepas Peserta Pawai Tahun Baru Islam, Pesan Pj Bupati Kapuas Terus Jaga Keharmonisan Umat Beragama

PJ BUPATI Kapuas saat menyampaikan sambutan acara pawai Tahun Baru Islam 1446 H.| foto : zulkifki

KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas, bersama Panitia Hari Besar Islam (PHBI) setempat sangat antusias menyambut tahun baru Islam Muharram 1446 Hijriah. Momentum itu dirayakan dengan mengadakan kegiatan pawai yang dimeriahkan hingga hampir 10 ribuan orang dari 105 kelompok peserta, Sabtu (20/7/2024).

Pawai peringatan tahun baru Hijriah kali ini mengangkat tema "Moderasi Beragama Membangun Kebersamaan dalam Keberagaman".

Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi didampingi Pj Ketua TP PKK, Agustina Sri Rejeki 
melepas langsung peserta pawai dari panggung kehormatan di Halaman Rujab Bupati Jalan Jenderal Sudirman Kuala Kapuas.

Dalam kesempatan itu Pj Bupati Erlin Hardi  mengajak seluruh elemen masyarakat menjadikan tahun baru Islam 1446 H ini sebagai momentum untuk terus menjaga keharmonisan sesama umat dan antar agama di Bumi Tingang Menteng Panunjung Tarung.

"Dengan adanya kegiatan ini dapat lebih mempereret tali silaturahmi kita sesama umat beragama dan antar umat beragama sehingga di Kabupaten Kapuas ini selalu terjaga  keharmonisan," kata Erlin Hardi.

Pun pula, Erlin Hardi berharap silaturahmi dan persaudaraan antar sesama muslim dan antar umat beragama dapat semakin kuat.

"Dan tentunya dalam peringatan tahun baru Hijriah ini menjadi momen baru, harapan baru membangun Kabupaten Kapuas ke arah yang lebih baik lagi," katanya.

Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh panitia, peserta pawai dan segenap masyarakat yang memeriahkan tahun baru Islam 1446 Hijriah.

Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kapuas, H Nabchan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tahunan yang digelar dalam menyemarakan tahun baru Hijriah. 

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Tommy Saputra menyebutkan dalam pelaksanaan kali ini ada 105 kelompok peserta yang berpertisipasi dengan kategori peserta dari pelajar jenjang dasar, menengah dan atas serta perguruan tinggi.

"Selanjutnya ada peserta dari kategori SOPD, langgar/mushala dan masjid dan organisasi," kata Tommy Saputra.

Dijelaskan kenapa pawai digelar bukan pada awal-awal bulan Muharam, hal itu dikarenakan sebab berbenturan dengan waktu kegiatan belajar mengajar di sekolah.

"Kami juga sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah  daerah wabil khusus kepada Pj Bupati Kapuas atas support dan dukungannya dalam kegiatan ini," pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, perwakilan Forkopimda Kapuas Ketua MUI, jajaran PHBI, pimpinan OPD, sejumlah camat, tokoh masyarakat, peserta pawai dan undangan lainnya.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama