Malam Pembukaan Pesparawi di Pulang Pisau Berjalan Meriah

Malam Pembukaan Pesparawi di Pulang Pisau Berjalan Meriah

PULANG PISAU - Setelah mematangkan persiapan, pelaksanaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (PESPARAWI) XVII Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2024 di Kabuapten Pulang Piaau, sampai pada malam pembukaan. 

Kontingen dari 14 kabupaten/kota beserta masyarakat daerah setempat memadati lingkungan di Stadion HM Sanusi, Kota Pulang Pisau, Sabtu (29/6/2024 malam. 

Sebelum acara hiburan dimulai, Wakil Menteri Agama RI, Saiful Rahmat Dasuki, mengatakan bahwa Pesparawi adalah bagian dari kegiatan pembinaan mental, spiritual, moral dan etika bagi umat Kristen.

"Sekaligus juga memupuk tali persaudaraan, meningkatkan mutu paduan suara, menampung, mendorong dan mengembangkan aspirasi dan kreativitas seni, serta melestarikan budaya keagamaan umat Kristiani," ucap Wamenag RI.

Ia menyebut, Pesparawi daerah se-Provinsi Kalimantan Tengah telah menempuh perjalanan panjang, yakni sebanyak 16 kali, dan saat ini merupakan penyelenggaraan yang ke 17. Artinya, animo masyarakat se-Kalteng begitu besar untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

"Acara yang kita hadiri saat ini merupakan wujud dari kebersamaan dalam memuliakan Tuhan melalui musik dan paduan suara, yang tidak hanya memperindah telinga, tetapi juga memperkaya jiwa. Dengan mengangkat tema ‘Biarlah segala makhluk memuji Tuhan untuk selamanya’ yang terambil dari Mazmur 145 ayat 21. Mengingatkan kita akan pentingnya memuliakan dan memuji Tuhan dalam segala hal, karena dialah sumber segala berkat dan kehidupan bagi seluruh makhluk," bebernya.

Diakuinya, sebagai tuan rumah Kabupaten Pulang Pisau telah menggelar acara ini dengan penuh semangat dan kesungguhan.

"Pesparawi adalah pesta iman dalam bentuk puji-pujian kepada Tuhan, Sang Pencipta, karenanya segala kemuliaan hanya dari Dia, oleh Dia, dan untuk Dia kita persembahkan,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran melalui Wakil Gubernur Edy Pratowo mengatakan bahwa pemerintah akan terus mendukung kegiatan Pesparawi karena sebagai sarana umat Kristen di Kalimantan Tengah meningkatkan iman dan takwa terhadap Tuhan.

"Kegiatan ini memiliki tujuan yang sangat mulia, yakni untuk pengembangan, penghayatan dan pengamalan ajaran agama bagi umat Kristiani melalui sebuah perlombaan untuk menyanyikan pujian kepada Tuhan yang Maha Esa," katanya.

Kehadiran seluruh peserta dari 14 kabupaten/kota se-Kalteng merefleksikan suasana kesemarakan kehidupan beragama, sehingga diharapkan dapat memberi makna pengalaman dan pembinaan keagamaan secara terpadu, menyatunya para peserta dari berbagai daerah dengan latar belakang yang berbeda diharapkan dapat mempererat persatuan dan kesatuan.

Sementara itu, Penjabat Bupati Pulang, Nunu Andriani, dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik dan berterima kasih kepada Pemprov Kalimantan Tengah karena diberi kepercayaan menjadi tuan rumah pada pelaksanaan PESPARAWI.

"Penghargaan kami berikan juga kepada Ketua dan Pengurus LPPD Kab. Pulang pisau serta panitia penyelenggara PESPARAWI ke-XVll Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2024 di Kabupaten Pulang Pisau, yang telah mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan ini secara baik, dengan harapan sukses hingga selesainya acara," ucap Nunu.[rilis/manan]
Lebih baru Lebih lama