Panen Bersama di Lahan Oplah Rawa Desa Tahai Jaya

Panen Bersama di Lahan Oplah Rawa Desa Tahai Jaya

PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau bersama para pihak melaksanakan panen bersama dilahan optimalisasi lahan rawa atau Oplah Rawa di Desa Tahai Jaya, Kecamatan Maliku, kabupaten setempat, Selasa (30/7/2024). 

Acara tersebut dihadiri Hadir Kepala Dinas (Kadis) Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalimantan Tengah Sunarti, Pj Bupati Pulang Pisau, Hj Nunu Andriani, Dandim 1011/KLK, Dandim 1011/Klk Letkol Inf Khusnun Dwi Putranto, SE, Kajari Pulang Pisau, Deddy Yuliansyah Rasyid, SH MH, Camat Kecamatan Maliku, Danramil Pandih Batu/Maliku dan Kapolsek Maliku.

"Panen padi bersama ini merupakan periode pertanaman Musim Tanam April-September 2024 dilahan Poktan Karya Suroyo seluas 64 ha,"kata Nunu sapaan akrab Pj Bupati Pulang Pisau. 

Ia menyebut, kegiatan ini bagian dari upaya mewujudkan program kegiatan optimalisasi lahan rawa Oplah Rawa, yang telah digelontorkan pemerintah bekerjasama dengan pihak TNI dalam hal ini Kodim 1011/Klk kepada lahan masyarakat petani di Kabupaten Pulang Pisau.


"Pelaksanaannya juga dilahan program food estate, yang secara tidak langsung turut mendukung program tersebut (food estate). Jadi, sebagai gambaran bagi kita luas lahan padi khusus di Desa Tahai Jaya 422 ha dengan produktivitas MT, sebelumnya 5 ton ha untuk Varietas Hibrida, dan diprediksi untuk MT Asep ini lebih tinggi," ungkap Nunu pada poin sambutannya. 

Terpisah, Kadis Pertanian Pulang Pisau Godfridson mengatakan bahwa program Oplah Rawa ini merupakan program pusat yang turun ke provinsi dan dilanjutkan ke daerah atau kabupaten, dengan tujuan meremajakan lahan persawahan menjadi lahan produktif. 

"Program ini bekerjasama dengan pihak TNI, khusus di Pulpis bekerjasama dengan pihak Kodim 1011/KLK. Harapan kita bersama program ini dapat selesai di September 2024," singkatnya.

Sementara, rangkaian kegiatan dilanjutkan mensosialisasikan pupuk bersubsidi di Desa Tahai Baru, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau.[manan]



.
Lebih baru Lebih lama