Pemkab Barsel Hadiri Rakernas Apkasi Ke-16 di Jakarta

Pemkab Barsel Hadiri Rakernas Apkasi Ke-16 di Jakarta

BUNTOK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah, menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) ke-16 tahun 2024, yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2024).

Dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi), kegiatan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 10 hingga 12 Juli 2024, dan dihadiri oleh ribuan jajaran Pemkab se Indonesia, dengan mengusung tema “Sinergisitas Pembangunan Berkelanjutan Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah Menuju Indonesia Maju”.

Kegiatan Rakernas Apkasi tersebut merupakan agenda tahunan yang digelar pemerintah pusat untuk membahas isu-isu dan rencana strategis dalam pembangunan daerah, khususnya Kabupaten yang berada di wilayah Indonesia.

Selain melaksanakan Rakernas, pemerintah Indonesia juga menggelar Apkasi Otonomi Expo (AOE) dan Apkasi Procurement Network 2024, yang diikuti oleh ratusan stan dari Pemkab/kota, Provinsi, Kementerian, lembaga, BUMN dan perusahaan swasta se Indonesia.

Pada event tersebut, berbagai macam kegiatan dilaksanakan, salah satunya lomba fashion show wastra nusantara, dimana dalam lomba itu setiap peserta menampilkan busana ciri khas daerahnya masing-masing.

Melalui momen ini, Pemkab Barsel juga ikut meramaikan dengan menampilkan kreasi busana batik piring malawen yang merupakan motif batik ciri khas asli Kabupaten yang bersemboyan Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus.

“Alhamdulillah, kita sangat bersyukur, karena hasil karya terbaik daerah kita bisa meraih best desain concept dalam ajang tersebut,” ujar Pj Bupati Barsel, Deddy Winarwan, Jumat (12/7/2024).

Ia menuturkan, meski busana hasil karya putra/putri terbaik daerah lokal tidak meraih juara pada event AOE 2024, masyarakat Kabupaten Barsel patut bangga dengan prestasi yang diraih itu, sebab, batik motif piring malawen yang dikaloborasikan dengan bunga anggrek hitam dan air adalah inovasi atau ide dari Ketua TP PKK Barsel, Hj. Erna Ardiani Deddy Winarwan.

“Yang terinspirasi dari budaya dan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Kabupaten Barsel, dengan harapan batik motif piring malawen ini bisa menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat Barsel,” tutur Deddy.

Sementara, Manat Simanjuntak, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Barsel mengatakan, kegiatan tersebut merupakan peluang besar bagi pemerintah daerah.

"Untuk mempromosikan berbagai macam produk-produk unggulan daerah dan membuka peluang bagi investor yang ingin menanamkan modalnya di daerah tersebut agar prudok-produk lokal bisa masuk ke pasar nasional hingga global," pungkasnya.[herlianto]

Lebih baru Lebih lama