Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Buka TMMD Reguler Ke-121 Kodim 1011/Klk

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Buka TMMD Reguler Ke-121 Kodim 1011/Klk

SUASANA pembukaan kegiatan TMMD Reg. ke-121 Kodim 1011/klk di Desa Manyahi Kec. Mantangai.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-121 tahun 2024 Kodim 1011/Klk, Rabu (24/7/2024) 
di lapangan sepak bola Menyahi, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalteng.

Pembukaan TMMD Reeguler ke-121 ini diawali dengan prosesi upacara bertindak sebagai inspektur upacara Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi. Acara pembukaan TMMD dihadiri perwakilan Forkopimda, sejumlah kepala OPD lingkup Pemkab Kapuas serta diikuti jajaran TNI Kodim 1011 Kapuas.

Dalam upacara pembukaan TMMD itu, tampak Pj Bupati Kapuas bersama Dandim 1011/klk selaku Dansatgas TMMD Letkol Inf Khusnun Dwi Putranto menandatangani naskah serah terima TMMD Reguler ke-121.

Dalam amanatnya Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi mengatakan, TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, pemerintah daerah dan segenap lapisan masyarakat sebagai langkah nyata guna mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi.

"Kegiatan TMMD ini merupakan dukungan nyata TNI bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat," kata Erlin Hardi.

Dilanjutkannya, TMMD juga merupakan implementasi komitmen TNI dan pemerintah daerah dalam melestarikan semangat dan budaya luhur kehidupan bermasyarakat yaitu gotong toyong.

Ia menambahkan, pemerintah daerah senantiasa menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan TMMD dari tahun ke tahun sebagai aktualisasi pelestarian budaya gotong royong yang diwarisi dalam rangka mempercepat pembangunan di pedesaan.

Sementara itu, Dandim 1011/Klk, Letkol Inf Khusnun Dwi Putranto, menyampaikan laporan pelaksanaan TMMD Reguler ke 121 di Desa Manyahi berupa sasaran kegiatan fisik dan non fisik.

"Untuk sasaran kegiatan fisik diantaranya pembuatan jamban sehat, rehab gereja, lanjutan pembangunan masjid tahap pertama dan penanaman pohon sebanyak 200 batang," kata Dandim.

Selanjutnya sasaran kegiatan non fisik di antaranya penyuluhan wawasan kebangsaan, narkoba, hukum, KB kesehatan, kesehatan, pertanian, karhutla dan penyuluhan sosial.

Adapun pelibatan personil, Satgas berjumlah 250 orang dan masyarakat 20 orang setiap harinya.

Kegiatan TMMD Ke-121 tahun 2024 dilaksanakan selama 30 hari mulai dari tanggal 24 Juli sampai dengan 22 Agustus 2024.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama