Rapat Paripurna DPRD Kapuas, Pj. Bupati Kapuas Sampaikan Nota Raperda RPJPD 2025-2045

Rapat Paripurna DPRD Kapuas, Pj. Bupati Kapuas Sampaikan Nota Raperda RPJPD 2025-2045

PJ BUPATI Kapuas menyerahkan nota Raperda RPJPD 2025-2045 kepada pimpinan DPRD.| foto : zulkifli 

KUALA KAPUAS - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi menyampaikan nota rancangan peraturan daerah (Raperda) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Kapuas tahun 2025-2045 pada rapat Paripurna DPRD Kapuas, Senin (22/7/2024). 

Rapat dipimpin Waket II Evan Rahman Saputra dan diikuti anggota dewan lainnya turut dihadiri perwakilan Forkopimda.

Dari eksekutif hadir Sekda Kapuas Septedy dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkab Kapuas.

Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi menyampaikan penyusunan RPJPD dimaksudkan untuk memenuhi ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan,  pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah tata cara evaluasi Rancangan Peraturan daerah tentang RPJPD dan RPJMD dan RKPD dan instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2024  tentang pedoman penyusunan RPJPD tahun 2024-2025.

"Tujuan penyusunan dokumen RPJPD Kabupaten Kapuas adalah sebagai pedoman atau acuan dalam menyusun rencana pembangunan jangka menengah daerah RPJMD untuk setiap jangka waktu 5 tahun," papar Erlin Hardi dalam pidatonya.

Dilanjutkannya dengan memperhatikan isu dan permasalahan bidang sosial ekonomi infrastruktur dan tata kelola pemerintahan di Kabupaten Kapuas, telah dirumuskan visi dan misi RPJPD Kabupaten Kapuas 2025-2045 yang diharapkan mampu menyesuaikan dan menyelesaikan berbagai permasalahan daerah.

Menindaklanjuti hal tersebut kebijakan yang ada di nasional atau pusat harus juga direspon cepat oleh pemerintah daerah agar pembangunan dapat berjalan secara berkelanjutan.

Berikut merupakan visi dan misi RPJPD di Kabupaten Kapuas 2025-2025

Visi :  Kapuas menuju Kabupaten sejahtera yang maju unggul mandiri dan berkelanjutan

Misi : pertama mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas bermartabat berbudaya dan religius. Kedua mewujudkan ekonomi yang produktif, inovatif berdaya saing dan berketahanan. Ketiga mewujudkan pengelolaan sumber daya alam lingkungan dan infrastruktur yang terintegrasi dan berkelanjutan tempat mewujudkan. Keempat tata kelola pemerintahan yang terencana dan integrasi secara inovatif amanah dan konsisten.

"Demikian penting dan strategisnya dokumen RPJD ini sebagai acuan Kabupaten Kapuas selama 20 tahun maka kami berharap semoga dapat dibahas bersama untuk menghasilkan keluaran yang memberikan dampak kesejahteraan bagi masyarakat Kapuas," pungkas Erlin.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama