Sampaikan KUA dan PPAS 2025 pada Rapat Paripurna DPRD, Bupati Tanah Bumbu Singgung Bendungan Kusan

Sampaikan KUA dan PPAS 2025 pada Rapat Paripurna DPRD, Bupati Tanah Bumbu Singgung Bendungan Kusan


BATULICIN - Bupati Kabupaten Tanah Bumbu Abah Zairullah Azhar menyampaikan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Tahun Anggaran 2025, pada rapat paripurna DPRD setempat, Selasa (9/7/2024 ).

Sidang paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Tanah Bumbu Harmanuddin dan dihadiri Sekda Kabupaten Tanah Bumbu, Asisten Setda Tanah Bumbu, dan para kepala SKPD dimulai pada pukul 17.00 Wita

Mengawali sambutannya pada rapat paripurna Abah Zairullah menyinggung pembangunan Bendungan Kusan yang sangat penting bagi Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pasalnya, bendungan ini dapat menyuplai tenaga listrik yang bersumber dari energi baru dan terbarukan (EBT) alias energi hijau.

Bendungan Kusan memiliki luas genangan 2.057 hektare (ha) dan volume tampungan 180,47 juta meter kubik. Bendungan ini memiliki tinggi jatuh bersih 80,20 meter dengan debit per unit bangkit 21,00 meter kubik per detik. Rencananya, Bendungan Kusan akan menjadi pembangkit listrik tenaga air (PLTA) berkapasitas 3×13,5 megawatt (MW).

Selain bendungan Kusan, Abah Zairullah kembali menyinggung soal pembangunan jembatan Kotabaru – Tanah Bumbu yang mana sudah dibicarakan dengan pemerintah pusat dan teman-teman Abah Zairullah di DPR RI.

Pada kesempatan itu, Abah Zairullah juga menyampaikan terkait Kebijakan Pendapatan, Belanja Dan Pembiayaan Daerah Pada APBD Tahun Anggaran 2025, yang mana, kebijakan tersebut merupakan kelanjutan tahun 2024.

Diharapkan pelaksanaan rapat paripurna Penyampaian KUA PPAS APBD Tahun Anggaran 2025 ini, semakin meningkatkan kualitas bagi pelaksanaan pembangunan daerah, terutama dalam rangka menjalankan tugas pemerintahan guna mewujudkan Kabupaten Tanah Bumbu yang semakin maju, mandiri dan sejahtera.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan secara garis besar ringkasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2025.[ade]

Lebih baru Lebih lama