Sekda Ambo Sakka Hadiri Penilaian Geospasial Banua Award di Banjarbaru

Sekda Ambo Sakka Hadiri Penilaian Geospasial Banua Award di Banjarbaru


BATULICIN - Sekretaris Daerah Tanah Bumbu Dr. H. Ambo Sakka, M.Pd didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Tanah Bumbu Andi Anwar Sadat menghadiri expose penilaian tahap dua Geospasial Banua Award oleh Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan, di Banjarbaru, Selasa (23/7/2024).

Kegiatan itu dibuka secara resmi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalsel Nurul Fajar Desira, dihadiri perwakilan masing-masing daerah dari enam finalis kabupaten/kota provinsi Kalimantan Selatan.

Sekda Ambo Sakka yang berkesempatan memberikan sambuatan sekaligus memimpin pemaparan dari pihak Kabupaten Tanah Bumbu mengatakan Geospasial sebagai dasar mendukung pendataan dan pemanfaatannya untuk pelaksanaan perencanaan program pembangunan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Menurutinya, Geospasial bukan hanya sekedar ajang lomba namun merupakan kebutuhan pemerintah.

“Karena Kabupaten Tanah Bumbu memiliki luas sekitar 5000 km persegi, terdiri dari 12 kecamatan dan 171 desa sehingga menjadi kebutuhan,” ungkap Ambo Sakka.

Sekedar informasi, pengumuman pemenang Geospasial Banua Award 2024 akan disampaikan pada Agustus 2024.

Seperti dikutip dari Geoportal Kalimantan Selatan, Tujuan kegiatan Geospasial Banua Award ini adalah untuk memotivasi dan mengapresiasi kinerja pemerintah kabupaten/kota dalam melaksanakan penyelenggaraan jaringan informasi geospasial nasional yang sesuai dengan standar dan memenuhi prinsip Satu Data Indonesia, serta memberikan apresiasi kepada SKPD Provinsi yang telah berkomitmen membuat, memperbaharui dan mengembangkan informasi geospasial di instansinya.

Pelaksanaan kegiatan ini dimulai pada minggu pertama bulan Mei hingga minggu ke empat bulan Agustus 2024.

Bulan Mei telah dilaksanakan sosialisasi terkait Geospasial Banua Award kepada 13 Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Selatan dan SKPD Provinsi Kalimantan Selatan.[ade]

Lebih baru Lebih lama