Sukseskan Misi Porwanas, PWI Kalsel Gandeng Puluhan Media Massa

Sukseskan Misi Porwanas, PWI Kalsel Gandeng Puluhan Media Massa

UNTUK lebih menggaungkan Porwanas 2024, PWI Kalsel menggandeng 39 media massa di kalsel yang ditandai dengan penandatanganan kerjasama pemberitaan di gedung PWI Kalsel.| foto : aan

BANJARMASIN – Lebih dari 1500 atlet dipastikan bakal ambil bagian dalam Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV yang berlangsung di Kalimantan Selatan, 19 hingga 26 Agustus 2024.

Para atlet dari kalangan jurnalis seantero Tanah Air akan bersaing menjadi yang terbaik di 12 cabang olahraga yang dipertandingkan pada Porwanas edisi 2024 ini.

Untuk lebih menggaungkan sekaligus menyukseskan pelaksanaan Porwanas, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel selaku penghajat multi event ini menggandeng setidaknya 39 media massa, mulai dari media cetak, televisi, radio hingga online atau media siber.

Ini ditandai dengan penandatanganan kontrak kerjasama pemberitaan maupun pemasangan iklan Porwanas di Gedung PWI Kalsel, Senin (29/7/2024).

Ketua PWI Kalsel, Ir Zainal Helmie mengatakan, kerjasama dengan media massa sangat penting untuk mendukung berbagai misi di balik Porwanas 2024 ini. 

“Selain membawa misi olahraga dan pariwisata, Porwanas kali ini juga bertujuan untuk memperkenalkan keberadaan Geopark Meratus,” jelas wartawan senior yang akrab disapa Bang Helmi ini.

Menurutnya, pada pelaksanaan sebelumnya Porwanas lebih fokus pada olahraga ketangkasan. Untuk edisi kali ini, cabang yang dipertandingkan juga memuat lomba karya jurnalistik yang tentunya juga bertujuan untuk mengangkat potensi Geopark Meratus.

“Kalau Porwanas sebelumnya lebih ke olahraga, di sini kami dari Kalimantan Selatan ingin tak hanya olahraga, tapi juga mempertandingkan karya jurnalistik untuk mengangkat potensi Kalsel, khususnya Geopark Meratus,” paparnya. 

Karena itu, lanjutnya, panitia Porwanas membuat 5 cabang karya jurnalistik, 2 fotografi, reportase radio dan televisi, serta feature untuk media cetak dan online. 

“Ada 5 medali emas dalam karya jurnalistik, dan ini tidak pernah terjadi sebelumnya. Kami ingin bukan hanya bertanding fisik, tapi juga kemampuan menulis dan meliput, termasuk fotografi,” tuturnya. 

Tentunya, sambung Helmie, hal ini menjadi pembeda dengan Porwanas. Bahkan empat provinsi baru di Papua juga menyatakan siap berlaga di Porwanas edisi 2024 ini.

“Hal ini luar biasa, Ketua PWI Pemekaran Papua Barat Daya ada 5 yang menyatakan ikut berpartisipasi dan ikut dalam lomba ketangkasan. Ini yang membuat kami berbeda,” pungkasnya.[anshari]
Lebih baru Lebih lama