Sukseskan TPSDM Transisi PAUD SD, Pj Bupati Monitoring di 6 Kecamatan

Sukseskan TPSDM Transisi PAUD SD, Pj Bupati Monitoring di 6 Kecamatan


BUNTOK – Bunda PAUD memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung transisi anak-anak dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD).

Hal ini disampaikan oleh Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan saat kegiatan monitoring  dan evaluasi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk mensukseskan  TPSDM transisi PAUD SD /MI di 6 Kecamatan di Barsel, Senin (15/7/2024).

"MPLS adalah periode waktu yang dijadwalkan oleh sekolah untuk melakukan pengenalan lingkungan sekolah, tata tertib, termasuk pengenalan para guru yang mengajar dan siswa-siswi lainnya di sekolah yang bersangkutan," ucap Pj Barsel.

Ia juga mejelaskan, periode MPLS ini penting bagi siswa kelas 1 SD, termasuk bagi sekolah. Lanjut Dia,  agar siswa mendapatkan kesan awal yang positif terhadap sekolah, sehingga selanjutnya siswa SD kelas 1 ini tidak malas atau takut untuk pergi ke sekolah

Karena itu, masa transisi dari periode TK ke periode sekolah dasar yang sekolahnya lebih besar dan jumlah siswanya lebih banyak.

"Hal penting yang perlu dipikirkan adalah, kegiatan MPLS SD kelas 1 ini harus dibuat semenarik mungkin, sekaligus informatif. Tujuannya, agar siswa kelas 1 SD yang baru saja memasuki SD, tidak bosan dan tidak ketakutan," pungkasnya. 

Kegiatan serentak digelar di 6 kecamatan, di antaranya Kecamatan Dusun Selatan diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Yoga Prasetianto Utomo, Kecamatan Jenamas diwakili oleh Kadis Kominfo Kabupaten Barsel Mario Aan, Kecamatan Karau Kuala diwakili oleh Kadisdik Kabupaten Barsel Syahdani, Kecamatan Dusun Utara diwakili oleh Sekretaris Disdik Kisransyah, Kecamatan GBA mewakili Bunda PAUD Barito Selatan oleh Isna Cholisoh dan Kecamatan Dusun Hilir diwakili oleh Anita Aprilisa.[harlianto]

Lebih baru Lebih lama