Tim Tari Baruna Bentala Tanah Bumbu Persembahkan Tari Hinak Bujang di Festival Tari Daerah se-Kalsel

Tim Tari Baruna Bentala Tanah Bumbu Persembahkan Tari Hinak Bujang di Festival Tari Daerah se-Kalsel


BATULICIN - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu membawa Tim Tari Baruna Bentala binaan Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata untuk mempersembahkan Tari Hinak Bujang di Festival Karya Tari Daerah se-Kalimantan Selatan ke-31 tahun 2024.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, bertempat di Gedung Balairung Sari UPTD Taman Budaya Prov.Kalsel diselenggarakan dari tanggal 26-27 Juli 2024.

Kepala Disbudporpar Tanah Bumbu H. Syamsudin diwakili Kabid Kebudayaan Noryana pendampingi tim tari Baruna Bentala. 

Disampaikan Noryana di Batulicin, Minggu (28/7/2024), tarian yang dibawakan mengikuti ketentuan petunjuk teknis Festival Karya Tari Daerah Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2024, yakni tari garapan baru yg berpijak pada tari tradisi daerah atau seni budaya daerah yang belum pernah ditampilkan dalam event/lomba lainnya, dengan mengangkat judul Festival Karya Tari Daerah dengan tema Jelajah Mantra Nusantara. 

Mantra merupakan salah satu jenis puisi tertua di dunia yang digunakan untuk ritual kuno. Mantra Nusantara juga menggambarkan perjalanan spritual dan pencarian makna dalam kehidupan yang diungkapkan melalui gerakan tari.

Kabupaten Tanah Bumbu dalam kesempatan ini  menampilkan Tarian dengan Judul Hinak Bujang yang menceritakan mantra yang dilapaskan mengiringi proses adat tradisi, yang menandai masuknya naik bujang seorang gadis. 

Pada ajang Festival Karya Tari tersebut, utusan tim tari dari Kabupaten Tanah Bumbu memperoleh juara umum ke-2 dengan perolehan 3 nominasi yaitu naskah terbaik, penata busana terbaik dan penyaji unggulan tanpa jenjang masuk dalam 5 besar karya tari terbaik. 

Pada kegiatan ini tdk hanya diisi dgn hiburan tarian tetapi juga menjalin komunikasi dan tukar pengalaman diantara sesama pelaku seni dan menjadi ajang para seniman mengenalkan dan menggali tari tradisi adat daerah.[ade]

Lebih baru Lebih lama