Update Data Kebencanaan, BPBD Tanah Bumbu Petakan Daerah Rawan Bencana

Update Data Kebencanaan, BPBD Tanah Bumbu Petakan Daerah Rawan Bencana


BATULICIN - Update data kebencanaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu petakan daerah rawan bencana.

"Dalam rangka mengupdate data-data kebencanaan, BPBD melakukan pemetaan desa rawan bencana yang ada di Bumi Bersujud," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Kepala BPBD Tanah Bumbu H Sulhadi,  Selasa (30/7/2024).

Ia mengatakan, pelaksanaan pertama dari kegiatan ini di lakukan di Kecamatan satui. Dengan mengunjungi beberapa desa yang rawan bencana, khususnya banjir.

Pemetaan daerah rawan bencana di lakukan dengan cara mengumpulkan data-data geografis maupun demografis terkait kebencanaan di desa.

Sebelumnya, untuk pemetaan desa rawan bencana BPBD sudah memiliki pertahun 2022.

"Pemetaan yang di lakukan sekarang di maksudkan untuk mengupdate data-data kebencanaan yang sifatnya dinamis. Seperti data kelompok rentan, tempat evakuasi, dan data dinamis lainnya," jelas Sulhadi.

Menurutnya, adanya pemetaan ini di harapkan daerah sudah memiliki data-data dasar terkait kebencanaan di Tanbu.

Sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan baik yang sifatnya mitigasi/pencegahan dan pengurangan resiko bencana.

Maupun yang sifatnya kedaruratan saat terjadi bencana.

"Kegiatan ini di jadwalkan akan di selenggarakan di 72 desa dari semua Kecamatan yang ada di Tanah Bumbu," ungkapnya.[ade]

Lebih baru Lebih lama