B2SA Goes to School, DKP3 Balangan Edukasi Ribuan Siswa

B2SA Goes to School, DKP3 Balangan Edukasi Ribuan Siswa

KABID Ketahanan Pangan, Neneng Jamilal.| foto : istimewa

PARINGIN - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan terus menggencarkan sosialisasi dan edukasi pola konsumsi pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) ke sekolah-sekolah di Kabupaten Balangan melalui program B2SA Goes To School.

Program B2SA Goes To School bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan sejak dini bagi murid-murid tingkat dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Lanjutan Atas (SMA) tentang pentingnya konsumsi pangan beragam dengan gizi seimbang serta aman.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Neneng Jamilal, menyampaikan bahwa program ini bertujuan untuk membentuk kebiasaan mengkonsumsi makan sehat sejak usia dini.

"Kami ingin murid-murid memahami pentingnya konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman. Melalui program ini, kami berharap mereka dapat menerapkan pola makan sehat dalam kehidupan sehari-hari mereka," ujarnya saat dijumpai di Kantornya, Rabu (14/8/2024).

Neneng menambahkan, program ini dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi edukasi, pemberian makanan B2SA dan ditambah tanya jawab interaktif antara narasumber dan siswa pada saat kegiatan berlangsung. Materi yang disampaikan meliputi pengetahuan tentang konsumsi pangan yang beragam, pentingnya asupan gizi yang seimbang, cara memilih makanan yang sehat, dan dampak dari konsumsi pangan yang tidak sehat.

"Narasumber dari PERSAGI (persatuan ahli gizi)balangan, dan kami juga mengajak tenaga pengajar, juga orang tua siswa dirumah untuk mendukung penerapan pola makan sehat di rumah dan di lingkungan sekolah," lanjut Neneng.

Neneng menjelaskan, sejauh ini kegiatan B2SA Goes To School bukan hanya digelar di sekolah-sekolah perkotaan, tetapi juga di daerah pelosok Kabupaten Balangan.

"Kegiatan ini bukan hanya di kota saja tetapi juga daerah pelosok kita sambangi juga," sebutnya.

Neneng menambahkan, target sosialisasi dan edukasi B2SA Goes To School adalah 5.000 siswa se-Balangan. Hingga bulan Juli, program ini telah mencakup 4.000 siswa.

"Dalam rencana kegiatan anggaran, kami targetkan sosialisasi sekaligus edukasi kepada 5.000 siswa. Hingga bulan Juli, sudah 4.000 yang terlaksana dan kami akan terus melanjutkan," tambahnya.

Program B2SA Goes To School diharapkan dapat menciptakan generasi muda yang lebih sadar akan pentingnya kesehatan dan gizi, serta mendorong perubahan pola konsumsi pangan yang lebih baik di masyarakat. 

Dengan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan tujuan program ini dapat tercapai dan memberikan dampak positif bagi kesehatan generasi penerus dalam upaya penganekaraganan konsumi pangan B2SA.[adv/agus]
Lebih baru Lebih lama