Balangan Terbaik dalam Cakupan Vaksin Polio Putaran Pertama di Kalsel dengan 98,3% Anak Tervaksin

Balangan Terbaik dalam Cakupan Vaksin Polio Putaran Pertama di Kalsel dengan 98,3% Anak Tervaksin

PLT
 Kepala Dinkes Balangan, Ahmad Sauki.| foto : istimewa


PARINGIN - Kabupaten Balangan berhasil menempati peringkat pertama dalam cakupan vaksinasi Polio putaran pertama di Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam kegiatan yang berlangsung pada 12 Agustus 2024, Kabupaten Balangan mencatatkan capaian tertinggi dengan 98,3 persen anak yang telah divaksinasi.

Selain Balangan, empat kabupaten lainnya juga berhasil mencapai target cakupan vaksinasi 95 persen dalam putaran pertama ini, yaitu Kota Banjarmasin, Hulu Sungai Tengah, Tanah Bumbu, dan Hulu Sungai Selatan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Ahmad Sauki menyampaikan bahwa vaksin Polio diberikan kepada anak-anak berusia 0 hingga 7 tahun. Saat ini, Kabupaten Balangan telah memasuki putaran kedua dalam pelaksanaan pemberian vaksin Polio.

"Provinsi menargetkan 20.008 anak, dan hingga saat ini 19.761 anak di Kabupaten Balangan telah menerima dosis pertama vaksin Polio, sehingga masih ada 337 anak yang belum mendapatkan vaksin," ujarnya.

Proses pemberian vaksin Polio tahap kedua di Kabupaten Balangan saat ini telah mencapai 9,8 persen.

Ahmad Sauki juga menambahkan bahwa di Kabupaten Balangan tidak ada anak yang terdeteksi menderita penyakit Polio. Namun, karena ada kasus Polio di kabupaten lain, Kementerian Kesehatan mengadakan imunisasi nasional sebagai langkah pencegahan.

Pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional di Kabupaten Balangan dilakukan di Posyandu, Puskesmas, dan pos pelayanan kesehatan.[adv/agus]
Lebih baru Lebih lama