Berbagai Lomba Meriahkan FBS di Kotabaru

Berbagai Lomba Meriahkan FBS di Kotabaru

KOTABARU - Festival Budaya Saijaan (FBS) ke-10 tahun 2024 yang dilaksanakan mulai 21 hingga 24 Agustus 2024 di Taman Siring Laut Kotabaru, juga diramaikan sejumlah artis papan atas, Rabu (21/8/2024) malam. 

Kepala Disparpora Kotabaru, Sonny Tua Halomoan menyampaikan, rangkaian pembukaan FBS dibuka secara resmi oleh Bupati Kotabaru, H Sayed Jafar dan dihibur bintang tamu artis ibukota Astrid.

"Esok harinya akan dilaksanakan di Desa Rampa Berkah, yakni pesta adat selamatan Leut Suku Bajau Samah yang dilakukan oleh para nelayan untuk memohon kepada Allah agar para nelayan selalu diberikan kesehatan dan keselamatan sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas perolehan hasil tangkapan ikan," ucap Sony. 

Selamatan laut merupakan ritual adat yang dimiliki oleh masyarakat Desa Rampa. Kemudian dilanjutkan lomba perahu, atraksi titi tali dan musik alahai dari suku bajau sammah seperti rutinitas yang dilakukan setiap tahunnya.

"Pesta adat selamatan Leut suku bajau samah diikuti oleh dari Anjungan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta yang akan hadir beberapa budaya yang mereka bisa lihat," tuturnya. 

Selanjutnya juga ada beberapa Provinsi yang akan menampilkan tari-tarian seperti dari DKI Jakarta, Papua, Riau, Maluku dan Sumatera Barat dan ini semua dari Anjungan TMII. Mereka sengaja diundang dan disuguhkan berbagai macam budaya sehingga saat mereka pulang dari sini nanti akan membawa cerita bagi tentang Kabupatèn Kotabaru.

"Dan ini akan menjadi berita yang lebih baik serta mempromosikan wisata yang menarik dilevel nasional hingga ke internasional,” ucapnya.

Kemudiandi hari ke empat akan dilaksanakan pawai budaya dan dilanjutkan lomba fashion karnaval serta lomba perahu hias yang akan ditutup menampilkan artis Anji dari ibu kota.[zainuddin]


Lebih baru Lebih lama