BPBD Tanah Bumbu Gelar Rakor Kesiapsiagaan Hadapi Bencana

BPBD Tanah Bumbu Gelar Rakor Kesiapsiagaan Hadapi Bencana


BATULICIN - Badan Penanggulangan Bencana aerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu gelar rapat koordinasi (Rakor) kesiapsiagaan menghadapi bencana, di ruang rapat Bupati Tanah Bumbu, Selasa (27/8/2024).

Hadir instansi terkait, TNI/Polri, Kejari, Camat, Pos unit SAR Batulicin, Manggala Agni, KPH Kusan. Pihak Perusahaan, Pramuka, PMI, Relawan PKJR Tanah Bumbu, Orari dan RAPI.

Rakor dibuka oleh Bupati Tanbu melalui Assisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat H Eka Sapruddin.

Dalam sambutannya, Eka menjelaskan di Tanah Bumbu sering terjadi bencana banjir dan tanah longsor apabila musim hujan. Dan saat musim kemarau bencana kebakaran hutan dan lahan.

“Perlunya kesiapan untuk mengantisipasi terjadinya bencana. Baik pemerintah, perusahaan dan pihak swasta untuk membantu penanggulangan bencana,” ucapnya.

Ia menambahkan, dalam menghadapi bencana, harapannya dapat di persiapkan dengan matang. Baik dari segi peralatan, personil maupun materi, karena bencana adalah urusan kita bersama.

“Pemerintah daerah sangat berterima kasih atas kerjasamanya kepada pihak TNI/Polri, pihak perusahaan, komunitas dan relawan yang peduli selama ini turut membantu saat penanggulangan bencana di Tanah Bumbu,” ungkapnya.

Kalaksa BPBD Tanah Bumbu Sulhadi menambahkan, kegiatan ini dalam rangka kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Memperkuat koordinasi antar instansi dan stakeholder terkait dalam penanggulangan bencana,” ucap Sulhadi.

Kalaksa berharap dalam forum ini dapat mengkordinasikan seluruh elemen yang ada di Tanbu untuk mengurangi resiko bencana dan tanggap saat terjadi bencana.[ade]

Lebih baru Lebih lama