Buka FGD RPJMD 2025-2029, Bupati Zairullah Azhar Sebut Peningkatan SDM melalui SDSM

Buka FGD RPJMD 2025-2029, Bupati Zairullah Azhar Sebut Peningkatan SDM melalui SDSM


BATULICIN — Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar membuka secara resmi Focus Group Discussion (FGD) Rancangan Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tanah Bumbu Tahun Anggaran 2025-2029, di Gedung Mahligai Bersujud Kapet Simpang Empat, Kamis (1/8/2024).

Kegiatan itu dibuka Abah Zairullah Azhar via zoom atau secara daring yang saat itu sedang bertugas diluar daerah bersama anggota KP2D Saidy Elmy. 

Dalam sambutannya, Bupati menyebut peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melelui Satu Desa Semua Masjid (SDSM) terus dilaksanakan. 

Peningkatan SDM ini adalah program utama kita melalui pendidikan, dan harus menjadi kajian dalam RPJMD kedepan.

Selain itu, peningkatan infrastruktur, ekonomi dan tata kelola pemerintahan juga diselenggarakan dengan baik pada perencanaan lima tahun. 

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Tanah Bumbu Andi Anwar Sadat dalam sambutannya menyampaikan kegiatan FGD ini bertujuan mendapatkan masukan dan saran dalam penyempurnaan rancangan teknokratik RPJMD, sehingga menghasilkan dokumen yang berkualitas, realistis, partisipatif, dan berkelanjutan. 

Ia mengungkapkan, dokumen perencanaan daerah untuk periode 5 (lima) tahun itu disusun dengan menggunakan pendekatan teknokratik sebelum terpilihnya kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Hal tersebut mengacu pada pasal 27 dan pasal 42 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017. 

Ditambahkannya, pada proses penyusunannya dilaksanakan pada semester kedua tahun 204, dengan harapan dapat diselesaikan sebelum pemilihan umum kepala daerah sehingga menjadi rujukan bagi para calon Bupati dan Wakil Bupati dalam menyusun visi, misi dan program prioritas. 

Turut hadir dalam kegiatan itu, Sekretaris Daerah Ambo Sakka, dan kepala SKPD beserta jajaran, Kementrian PPN/Bappenas RI Supriyadi sebagai Narasumber, dan tamu undangan lainnya.[ade]
Lebih baru Lebih lama