Desa Hanjak Maju Dicanangkan jadi Desa Cinta Statistik

Desa Hanjak Maju Dicanangkan jadi Desa Cinta Statistik

PULANG PISAU - Desa Hanjak Maju salah satu desa di wilayah Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), dicanangkan sebagai desa cinta statistik atau desa cantik. 

Pencanangan itu dilakukan karena melihat potensi dan keterbukaan masyarakat desa setempat saat dilakukan pendataan oleh Badan Pusat Statistik atau BPS, sehingga menghasilkan data by name by addres yang valid. 

Dari keterbukaan data inilah, maka dilakukan pencanangan atau perencanaan, melaksanakan mengevaluasi dan mengendalikan berbagai aspek, baik aspek pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

"Ujung tombak pendataan ini tentu berawal dari tingkat desa dulu, agar anggaran yang dikucurkan pemerintah tepat sasaran. Desa Hanjak Maju ini desa pencanangan kedua setelah Desa Mantaren II, nah pencanangan ini jedanya jangan terlalu lama dari lainnya agar cepat ditetapkan," katanya. 

Sementara, Kepala Desa Hanjak Maju, Supiani menyebut bahwa desa yang saat ini dia pimpinan dihuni oleh masyarakat dari berbagai agama, suku dan budaya. Meski begitu, kehidupan sangat harmonis aman dan tentram. Artinya, tidak ada permasalahan yang terjadi, baik terkait masalah agama dan budaya. 

"Semuanya membaur, meski berbeda agama, suku dan budaya mereka tepat harmonis dan selalu menjaga kerukunan antar sesama dalam  bertoleransi. Kami berharap Desa Hanjak Maju ke depan terus berkembang dan maju sesuai bagian dari nama Desa kami," ucap Supiani atau Edonk biasa disapa.[manan]

Lebih baru Lebih lama