Didampingi Acil Odah, Paman Birin Kukuhkan Paskibra Kalsel

Didampingi Acil Odah, Paman Birin Kukuhkan Paskibra Kalsel

BANJARBARU – Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin didampingi Ketua TP PKK Kalsel, Hj. Raudatul Jannah atau Acil Odah secara resmi mengukuhkan 42 pelajar menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Provinsi Kalsel Tahun 2024 yang digelar di Gedung Idham Khalid Banjarbaru, Kamis (15/7/2024) sore.

Bertindak sebagai pemimpin upacara pengukuhan itu Noor Azkya Allima, siswi kelas 10 SMA Banua Kalsel Bilingual Boarding School.

Para Paskibraka yang dikukuhkan merupakan hasil seleksi ketat dari berbagai sekolah tingkat menengah di seluruh Kalsel. Nantinya mereka akan bertugas pada upacara pengibaran dan penurunan bendera merah putih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di halaman Kantor Gubernur Kalsel, Sabtu 17 Agustus 2024.

Rangkaian prosesi Upacara Pengukuhan dimulai dengan mengucapkan Ikrar Putra Putri Indonesia dipandu oleh Gubernur Kalsel, Paman Birin selaku pembina pengukuhan Paskibraka.

Usai melakukan prosesi pengukuhan, Paman Birin secara simbolis memasangkan kendit pengukuhan kepada pemimpin upacara sebagai tanda pengukuhan anggota Paskibraka.

Dalam sambutannya, dengan bangga, Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada 42 pemuda-pemudi pilihan yang telah terpilih sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka tingkat Provinsi Kalsel Tahun 2024.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada adik-adik calon paskibraka, kalian adalah putra-putri terbaik yang telah terpilih melalui proses seleksi dan akan mengemban tugas mulia dalam pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih pada peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia,” ungkap Paman Birin.

Selain itu, Paman Birin juga tak lupa memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada tim pembina yang telah bekerja keras membimbing para calon Paskibraka hingga mencapai tahap ini.

“Kepada para tim seleksi, pelatih, instruktur, dan pendamping, saya juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja keras dan dedikasi yang telah diberikan. Berkat bimbingan dan arahan yang telah Bapak dan Ibu berikan, 42 orang calon paskibraka ini dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk mengemban tugas pada pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih,” tutur Paman Birin.

Lebih lanjut, Paman Birin menekankan bahwa menjadi anggota Paskibraka bukan sekadar tugas seremonial, tetapi juga sebuah tanggung jawab besar.

“Dengan terpilihnya adik-adik sekalian sebagai paskibraka, berarti adik-adik telah dipercaya untuk menjaga kehormatan bangsa dan negara,” ujar Paman Birin.

Paman Birin mengingatkan para calon anggota Paskibraka tingkat Provinsi Kalsel Tahun 2024 akan tanggung jawab besar yang mereka emban.

“Ini bukan tugas yang ringan, dan karenanya, sangat penting bagi adik-adik untuk selalu menjaga kehormatan sebagai petugas paskibraka,” tegas Paman Birin.

Acara pengukuhan ditutup dengan penuh haru. Satu per satu, para anggota Paskibraka menerima ucapan selamat langsung dari Gubernur Kalsel, Paman Birin, yang didampingi oleh Ketua TP PKK Kalsel, Hj. Raudatul Jannah.

Tampak hadir para Forkopimda Kalsel dan sejumlah Kepala SKPD lingkup Kalsel beserta jajarannya, para orang tua serta tamu undangan lainnya.[adv]

Lebih baru Lebih lama