Disparpora Kotabaru Gelar Pesta Adat Selamatan Leut Suku Bajau

Disparpora Kotabaru Gelar Pesta Adat Selamatan Leut Suku Bajau

KOTABARU - Hari kedua Festival Budaya Saijaan (FBS) edisi ke-10 kali ini digelar di objek wisata Rampa Berkah. Event ini dibuka dengan menampilkan tarian tombak dan pesta adat selamatan Leut Suku Bajau Samah dengan diiringi musik Alahai Bajau Samah Kotabaru, Kamis (22/8/2024). 

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kotabaru, Sony Tua Halomoan, Bupati Kotabaru mengatakan, pesta adat selamatan leut suku bajau samah merupakan acara yang bertujuan untuk melestarikan budaya dan adat istiadat serta ungkapan rasa syukur para nelayan atas hasil alam yang diberikan.

"Pesta adat selamatan leut suku bajau samah ini dilaksanakan oleh para nelayan untuk memohon kepada allah swt agar para nelayan selalu diberikan kesehatan dan keselamatan sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas nikmat allah yang telah diberikan keselamatan perolehan tangkapan ikan," ucapnya. 

Ia juga mengimbau seluruh elemen masyarakat sesuai dengan peran dan tugasnya masing-masing untuk mampu mewarisi serta melestarikan adat budaya dan kearifan lokal yang ada ini agar tidak menjadi jati diri dan kepribadian saja, akan tetapi juga menjadi daya tarik wisata dalam mendukung kepariwisataan daerah.

"Festival Budaya Saijaan ke-10 tahun 2024 ini mengusung tema "Magic From The Sea",  serta berhasil memukau 19 Duta Nusantara TMII Jakarta yang turut berlayar di acara Selamatan Leut Suku Bajau Samah dan warga Kotabaru," ujarnya. 

Salah satu Duta Nusantara TMII Jakarta, Mimin menyampaikan apresiasinya terhadap Pesta Adat Selamatan Leut Suku Bajau Samah mengaku terpukau dengan keindahan alam yang ada di Kotabaru

"Tidak disangka ternyata Kotabaru sangat luar biasa, yang tadinya kami cuma bisa melihat keindahan Kotabaru melalui YouTube atau Cuplikan saja, sekarang kami merasakannya sendiri dan langsung melihat dan bahkan kami juga langsung turut serta diatas perahu mengikuti upacara adat selamatan Leut ini," ungkapnya kagum.

Turut hadir dalam acara, Kepala Disparpora Kotabaru, Kabid Event dan Pertunjukkan Disparpora Kotabaru, 19 Duta Nusantara TMII, Kabag OPS Polres Kotabaru, Camat Pulau Laut Utara, Kapolsek Pulau Laut Utara, Kepala Desa Rampa, Tokoh Agama dan warga lokal.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama