Dukung Food Estate, Kementan Komitmen Tingkatkan Kapasitas SDM Pertanian

Dukung Food Estate, Kementan Komitmen Tingkatkan Kapasitas SDM Pertanian

KUALA KAPUAS - Kementerian Pertanian (Kementan) terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung program Food Estate di Kalimantan Tengah dengan menggelar Pelatihan Budidaya Cabai Ramah Lingkungan (Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman/OPT) Angkatan II di Kapuas.

Pelatihan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Pelatihan Mendukung Food Estate Kapuas Angkatan VI, yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para petani dan pelaku usaha di sektor pertanian.

Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman menyampaikan pada kesempatannya bahwa Program Food Estate bukan hanya tentang meningkatkan produksi pangan, tetapi juga memastikan bahwa metode yang kita gunakan ramah lingkungan dan berkelanjutan. 

“Melalui pelatihan, kita berharap para petani bisa mengadopsi teknik budidaya cabai yang lebih efisien dan ramah lingkungan, sehingga dapat mendukung tercapainya tujuan besar kita untuk ketahanan pangan," ujar Mentan Amran. 

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Idha Widi Arsanti juga menegaskan pentingnya pelatihan ini dalam mendukung program Food Estate. Peningkatan kapasitas sumber daya manusia pertanian adalah kunci utama dalam keberhasilan Food Estate.

“Kami di BPPSDMP berkomitmen untuk terus mendukung para petani dengan pelatihan-pelatihan yang relevan dan aplikatif seperti ini, dengan pengendalian OPT yang ramah lingkungan, kita bisa memastikan hasil pertanian yang berkualitas dan aman bagi konsumen," ungkap Santi.

Senada dengan itu, Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, Wahida Annisa Yusuf menyampaikan bahwa pelatihan ini dirancang khusus untuk menjawab tantangan yang dihadapi petani di lapangan.

"Kami memahami bahwa petani seringkali dihadapkan pada masalah serangan hama yang dapat merusak tanaman, Oleh karena itu pelatihan ini fokus pada pengendalian OPT dengan metode yang ramah lingkungan," terang Wahida

Wahida berharap para peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat di lapangan, sehingga produktivitas dapat meningkat dan lingkungan tetap terjaga.

Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Widyaiswara BBPP Binuang Adi Widiyanto didampingi perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Bapak Catur Karya di BPP Dadahup Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, Senin (26/8/2024)

Food Estate adalah program pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk mengembangkan kawasan pertanian skala besar yang terintegrasi dengan berbagai sektor termasuk pertanian, peternakan, dan perikanan.

Program ini dirancang untuk meningkatkan produksi pangan, mengurangi ketergantungan impor, dan memperkuat ketahanan pangan nasional. di Kapuas, Kalimantan Tengah, kawasan Food Estate telah diproyeksikan menjadi salah satu lumbung pangan utama di Indonesia, dengan fokus pada produksi komoditas strategis seperti padi, jagung, dan cabai.

Dengan pelatihan yang berkelanjutan seperti ini, diharapkan para petani di kawasan Food Estate Kapuas dapat terus berinovasi dan beradaptasi dengan teknik-teknik pertanian modern yang berkelanjutan.[akr/abs]
Lebih baru Lebih lama