H Fadli: Rasa Nasionalisme dan Jiwa Patriotisme jangan Pernah Luntur

H Fadli: Rasa Nasionalisme dan Jiwa Patriotisme jangan Pernah Luntur

PULANG PISAU - Wakil Ketua I (Waket I) DPRD Kabupaten Pulang Pisau, H Ahmad Fadli Rahman berharap seluruh lapisan masyarakat dapat terus meningkatkan rasa nasionalisme dan jiwa patriotisme dalam rangka mendukung negara kesatuan Republik Indonesia menuju ke arah lebih baik lagi. 

"Pesan ini juga saya khususkan untuk generasi muda kita supaya mereka benar-benar dapat menanamkan rasa nasionalisme dan jiwa patriotisme di dalam jiwa, agar jangan luntur meski zaman terus berkembang," ucap Haji Fadli sapaan akrab Waket I DPRD Pulang Pisau kepada awak media ini, Jumat (2/8/2024) usai menghadiri acara launching penyerahan secara simbolis bendera merah putih, yang dirangkai dengan senam bersama di lingkungan Stadion HM Sanusi, Kota Pulang Pisau. 

Ia menyebut, kenapa rasa nasionalisme dan jiwa patriotisme harus dimiliki seluruh lapisan masyarakat Indonesia? Karena, seiring dengan perkembangan zaman rasa tersebut mulai terkikis bahkan hilang. 

Oleh karena itu, lanjut H Fadli, memasuki bulan kemerdekaan ini mari bersama tumbuhkan lagi rasa nasionalisme dan jiwa patriotisme di dalam jiwa. 

"Apalagi dikalangan pelajar dan pemuda banyak yang hilang, hanya sebagian kalangan generasi muda yang masih memiliki jiwa nasionalisme serta idealisme yang tinggi terhadap bangsa dan negara. Itu disebabkan beberapa faktor yang diantara mudah terpengaruh dengan pergaulan bebas disertai lingkungan negatif yang membuat jiwa mereka goyah, hingga bisa merubah pola berpikir sampai melunturkan kecintaannya terhadap bangsa dan para pejuang bangsa (pahlawan)," ujarnya berucap. 

Ia mengungkapkan, diantara salah satu wujud masih adanya jiwa nasionalisme dan patriotisme dalam diri seseorang, dapat dilihat dari sikap dan perilakunya sehari-hari yang menunjukkan rasa cinta tanah air dan bangga sebagai warga negara Indonesia. 

"Hindari pergaulan bebas, narkoba dan hal negatif lainnya. Karena itu semua bisa merusak jiwa dan mental kita, oleh karenanya peran orang tua sangat diharapkan untuk mengontrol aktivitas anaknya. Selamat menjelang Hari Kemerdekaan RI ke- 79," katanya.

"Jadi, di momen pembagian bendera secara simbolis yang dilaksanakan Pemkab Pulang Pisau melalui Kesbangpol ini tentu diantara menjadi cara untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap nilai-nilai dan simbol-simbol negara, sehingga menumbuhkan kembali rasa nasionalisme dan jiwa patriotisme nya," tuturnya menambahkan.[manan]

Lebih baru Lebih lama