HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Wagub Kalteng Hadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci

HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Wagub Kalteng Hadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci

WAGUB Kalteng, Edy Pratowo saat mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2024, Wakil Gubernur (Wagub) Edy Pratowo menghadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci, berlangsung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sanaman Lampang Palangka Raya tepat pada pukul 00.00 WIB, Rabu (17/8/2024).

Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan setiap menjelang tanggal 17 Agustus, yang bertujuan untuk mengenang arwah serta jasa para Pahlawan Nusa dan Bangsa yang bersemayam di TMP Sanaman Lampang, dan sebagai bentuk penghargaan kepada para Pahlawan yang telah gugur dalam membela tanah air untuk meraih kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Acara yang berlangsung khidmat, diawali dengan penghormatan kepada arwah para Pahlawan, dilanjutkan dengan penyalaan obor dan pembacaan naskah apel kehormatan, serta renungan suci dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh inspektur upacara, pembacaan doa untuk arwah para Pahlawan, dan ditutup dengan penghormatan terakhir.

Wagub Edy dalam keterangannya usai mengikuti apel tersebut mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan bagian dari peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-79.

"Kegiatan ini selalu kita lakukan setiap tahun untuk mengenang jasa-jasa para Pahlawan yang telah gugur, sekaligus memberikan penghormatan agar arwah pahlawan ini diberikan tempat yang layak di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa," ucapnya.

"Kita yang masih hidup ini bisa melanjutkan perjuangan kemerdekaan yang sudah dirintis, dan harapannya di usia ke 79 kemerdekaan RI ini, bangsa Indonesia lebih maju, masyarakat semakin sejahtera dan pembangunannya semakin merata di seluruh pelosok tanah air," timpalnya.

Rangkaian kegiatan ini bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Iwan Rosandriyanto, dan dihadiri pula oleh Unsur Forkopimda, Sekda Kalteng Nuryakin, serta Pj Walikota Palangka Raya Hera Nugrahayu.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama