Pawai Karnaval Budaya 2024 di Pulang Pisau Semarak

Pawai Karnaval Budaya 2024 di Pulang Pisau Semarak

PULANG PISAU - Pawai karnaval budaya rangkaian memeriahkan hari jadi ke-22 Kabupaten Pulang Pisau sekaligus HUT ke-79 RI 2024, berlangsung semarak dan meriah.

Pawai dimulai di lingkungan Taman Sumbu Kurung dan dilanjutkan mengelilingi sejumlah ruas jalan perkotaan Pulang Pisau, Kamis (15/8/2024) pagi. 

Dari pantauan awak media, pawai karnaval budaya yang dibuka langsung Pj Bupati Pulang Pisau Hj Nunu Andriani ini ditonton oleh ribuan warga Pulang Pisau sejak pukul 8.30 WIB hingga selesai. 

Warga tumpah ruah memadati sejumlah ruas jalan di sekitar pusat kota Pulang Pisau hanya untuk menyaksikan pawai karnaval budaya tersebut. 

"Adanya kegiatan ini kami harapkan, agar tetap menjaga dan melestarikan seni dan budaya yang ada di Kalteng secara umum dan Kabupaten Pulang Pisau khususnya. Hal ini terlihat dengan keikutsertaan dari pihak sekolah, seluruh OPD, para camat, pihak BUMN/BUMD bank Kalteng, KPU Pulpis, ormas adat dan paguyuban," kata Nunu sapaan akrab Pj Bupati Pulang Pisau. 

Ia menyebut, tujuan dilaksanakan Karnaval Budaya ini tidak lain sebagai sarana promosi bagi daerah untuk mengembangkan potensi seni, budaya dan pariwisata yang ada di Kabupaten Pulang Pisau. 

"Dan juga sebagai wadah bagi para pelaku seni untuk mengembangkan kreatifitas dalam bidang seni dan budaya," ujar Nunu. 

Selain itu, tambahnya, kegiatan ini upaya pemerintah daerah Pulang Pisau untuk melestarikan nilai-nilai seni, budaya dan menjunjung tinggi budaya Handep Hapakat serta kebersamaan masyarakat dalam Huma Betang. 

"Juga memberikan nilai tambah bagi pengembangan seni, budaya guna memperkaya kearifan budaya lokal maupun nasional hingga selalu bersemangat. Kegiatan ini juga menjadi nilai plus bagi pelaku UMKM sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat," ujarnya. 

Sementara perlu diketahui, Karnaval Budaya sendiri diikuti 52 peserta terdiri 8 sekolah, 31 OPD lingkup Pemkab Pulang Pisau, dan 13 kategori umum.[manan]
Lebih baru Lebih lama