Pembangunan Rumah Betang Dimulai, Ikon Kearifan Lokal

Pembangunan Rumah Betang Dimulai, Ikon Kearifan Lokal

BUNTOK - Penjabat (Pj) Bupati Selatan (Barsel), Deddy Winarwan melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah betang Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Barsle Tahun 2024  di Taman Rusa Buntok, Sabtu (3/8/2024).

Ketua DAD  Barsel, Tamarzam mengatakan, Rumah Betang ini mencerminkan kekayaan budaya dan keunikan arsitektur tradisional suku Dayak di Kalimantan Tengah. 

"Rumah betang memiliki ciri khasnya sendiri, yang mencerminkan identitas suku Dayak yang mendiaminya. Rumah betang tidak hanya merupakan bangunan fisik, tetapi juga simbol dari warisan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan untuk generasi mendatang," ucapnya.

Pj Bupati Deddy mengatakan, pembangunan Rumah Betang ini merupakan upaya untuk melestarikan kebudayaan, sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan sosial, serta dapat digunakan sebagai tempat pendidikan untuk mencerdaskan masyarakat.  

"Rumah betang DAD ini kiranya dapat menjadi ikon baru Kabupaten Barsel sekaligus memperkuat nilai-nilai kearifan lokal dan budaya Dayak,’’ pungkasnya.

Turut hadir wakil sekretaris umum DAD Prov Kalimantan Tengah Yulindra Dedi, unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Edy Purwanto, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Perangkat daerah, Camat, Damang, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat.[harlianto]

Lebih baru Lebih lama