Ribuan Umat Kristiani Hadiri Kalteng Bermazmur di Palangka Raya

Ribuan Umat Kristiani Hadiri Kalteng Bermazmur di Palangka Raya

PALANGKA RAYA – Ribuan umat Kristiani memadati Bundaran Besar Palangka Raya pada Senin (26/8/2024) malam, dalam acara "Kalteng Bermazmur" yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kalteng Bermazmur menjadi bukti nyata semangat toleransi, kebhinekaan dan keharmonisan yang dijaga di Kalimantan Tengah, sejalan dengan Falsafah Huma Betang yang menekankan persatuan dalam keberagaman.

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo, menyampaikan rasa syukur atas suksesnya acara Kalteng  Bermazmur. 

“Menjadi harapan kita, kegiatan Kalteng Bermazmur ini dapat semakin membangkitkan semangat kita bersama untuk berkarya dan berkontribusi lebih baik lagi dalam memajukan pembangunan di Kalimantan Tengah,” kata Wakil Gubernur.

Menurutnya, dengan adanya acara Kalteng Bermazmur diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan, khususnya umat Kristiani, melalui lantunan puji-pujian kepada Tuhan, yang pada akhirnya akan semakin memperkuat rasa cinta kasih kepada sesama, daerah, bangsa, dan negara.

Selain itu, Kalteng Bermazmur juga menjadi momentum yang sangat baik untuk mempererat rasa kebersamaan dan persatuan serta memperkokoh kerukunan antarumat beragama di Bumi Tambun Bungai, berbeda-beda tetapi satu jua, sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Acara ini juga menjadi momen bagi Pemerintah Provinsi Kalteng untuk menyalurkan bantuan sembako pasar murah secara simbolis kepada pendeta, pastur, suster, hamba Tuhan, dan anak-anak panti asuhan. Sebanyak 10.000 paket sembako dibagikan kepada masyarakat secara gratis atas instruksi Gubernur Kalteng.

Ketua Panitia Penyelenggara, Linae Victoria Aden menekankan bahwa penyelenggaraan Kalteng Bermazmur merupakan wujud komitmen Pemerintah Provinsi Kalteng dalam memberikan ruang yang sama kepada semua pemeluk agama untuk menyelenggarakan kegiatan keagamaan.

"Penghargaan yang tulus saya sampaikan kepada Bapak Gubernur dan Bapak Wakil Gubernur, serta secara umum kepada Pemprov Kalteng, yang telah memberikan ruang dan kesempatan yang sama bagi semua agama untuk menyelenggarakan acara keagamaan. Hal ini menunjukkan bahwa keragaman di Kalteng benar-benar membawa keberkahan, dengan satu tujuan: Kalteng BERKAH," ungkap Linae.

Pada kegiatan Kalteng Bermazmur, hadir Pendeta Steve Marcel Saerang dari Jakarta. Selain itu, acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Bappedalitbang Provinsi Kalteng sekaligus Ketua Kerohanian Kristen Provinsi Kalteng Leonard S. Ampung, Kepala DP3APPKB Provinsi Kalteng sekaligus Ketua Panitia Linae Victoria Aden, serta tokoh agama dan masyarakat Kota Palangka Raya.[apri]

Lebih baru Lebih lama