Sungai Maranting Jadi Wisata Alam Eksotis Balangan

Sungai Maranting Jadi Wisata Alam Eksotis Balangan

PEMANDANGAN indah di Sungai Maranting, Balangan.| foto : istimewa

PARINGIN – Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan terus mempersembahkan keindahan alamnya melalui berbagai objek wisata, mulai dari pegunungan, air terjun, hingga wisata budaya. Salah satu destinasi yang direkomendasikan adalah Sungai Maranting, yang menjadi pilihan wisata air di Kabupaten Balangan.

Sungai Maranting terletak di Desa Gunung Batu, Kecamatan Tebing Tinggi, dengan jarak sekitar 33 kilometer dari pusat Kabupaten Balangan, yaitu Kota Paringin. Perjalanan menuju objek wisata ini memakan waktu sekitar satu jam dengan berkendara. Jarak yang relatif dekat ini membuat Sungai Maranting mudah diakses oleh wisatawan.

Sungai Maranting menawarkan pengalaman bermain air dengan latar pemandangan pegunungan dan perbukitan yang memukau. Dalam perjalanan menuju lokasi wisata ini, pengunjung juga dapat menikmati keindahan Goa Angin yang terletak di pinggir jalan. Selain Goa Angin, wisatawan akan disuguhi pemandangan Gunung Hantanung yang megah.

Keindahan Sungai Maranting tidak hanya pada panoramanya, tetapi juga pada suasana sejuk yang dihasilkan oleh pepohonan rindang di sekitarnya. Di sekitar sungai terdapat banyak bebatuan alami yang menambah kesan alami dan menenangkan. Suara aliran air sungai dan desiran angin hutan juga turut memanjakan pengunjung.

Untuk menikmati keindahan Sungai Maranting, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000, harga yang sangat terjangkau bagi semua kalangan. Wisata ini biasanya ramai dikunjungi saat hari libur, terutama pada libur Idul Adha dan Idul Fitri.

“Setelah lebaran, wisata ini sangat ramai dikunjungi. Wisatawan biasanya datang untuk piknik bersama keluarga atau teman-teman,” ujar Fauzi, salah satu warga setempat.

Meskipun demikian, Sungai Maranting juga tetap ramai dikunjungi pada akhir pekan, meskipun tidak sebanyak saat libur lebaran.

Di sisi lain, Plt. Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Balangan, Melda Risda Elfa, menjelaskan bahwa Sungai Maranting merupakan destinasi wisata yang mudah dijangkau karena aksesnya yang dilalui banyak kendaraan. Selain menawarkan keindahan alam, air sungai di Sungai Maranting juga tidak terlalu dalam sehingga aman bagi anak-anak untuk bermain.

“Airnya deras dan indah, tetapi tidak terlalu dalam, sehingga masih aman untuk anak-anak bermain di sini,” ujarnya.

Wisata Sungai Maranting dikelola oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Balangan, dengan berbagai fasilitas pendukung seperti mushola, homestay, spot foto, dan toilet.

Melda Risda Elfa juga mengajak wisatawan dari dalam maupun luar daerah untuk mengunjungi Sungai Maranting dan menikmati keindahan alamnya.

“Ayo para wisatawan, baik dari dalam maupun luar daerah, berkunjunglah ke wisata Sungai Maranting,” ajaknya.[adv/agus]
Lebih baru Lebih lama