Bupati Tanah Bumbu Buka Workshop SAKIP, Minta Kategori B Bisa Jadi A

Bupati Tanah Bumbu Buka Workshop SAKIP, Minta Kategori B Bisa Jadi A

BATULICIN — Bupati Kabupaten Tanah Bumbu Abah Zairullah Azhar membuka Workshop Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang dilaksanakan Jumat- Sabtu, 20 hingga 21 September 2024 di Galaxi Hotel Banjarmasin.

Sebagaimana RPJMD Kabupaten Tanah Bumbu 2021-2025 Misi Penguatan Tata Kelola Pemerintahan, Nilai Predikat SAKIP Kabupaten adalah kategori B.

Sementara saat ini masih pada kategori B sehingga diperlukan komitmen dan upaya bersama seluruh perangkat daerah untuk mencapai target tersebut ditahun terakhir RPJMD Kabupaten Tanah Bumbu.

“Tadi saya berbincang dengan Pak Sekda, apakah kategori B itu bisa ditingkatkan menjadi A,” ungkap Abah Zairullah, Jumat (20/9/2024).

Jawab Sekda, jelas Abah Zairullah, tergantung dengan para kepala dinasnya.

Hadir pada pembukaan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Dr. H. Ambo Sakka, narasumber dari Kementerian PANRB Budi Prawira SE.M.M beserta tim, Kasubdit Wilayah III Koordinator Direktorat Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah Ditjen Otda Kemendagri Eko Wulandaru beserta tim, Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Galuh Tantri.

Selain itu, para kepala SKPD, camat se-Kabupaten Tanah Bumbu, perangkat daerah dan dua orang pejabat yang membidangi Sekretaris dan Kasubbag Perencanaan/Pelaporan dan/atau Kasubbag Umum dan Kepegawaian.

Sementara itu, panitia Workshop SAKIP dan Sistem Kerja di lingkup Pemkab Tanah Bumbu Arif Rahman Hakim melaporkan, latar belakang kegiatan ini adalah untuk penyelenggaraan pemerintahan yang baik, terukur dalam sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah yang merupakan bentuk pelindungan kepada masyarakat dan kewajiban bagi Pemerintah.

Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah atau SAKIP, menurut Kabag Organisasi Setda Tanah Bumbu itu, adalah rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat, dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklasifikasian, pengikhtisaran, dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah, dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah.

“Yang pasti tujuan dilaksanakan kegiatan ini, untuk mendorong perbaikan implementasi SAKIP di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu agar terdapat peningkatan pencapaian kinerja yang tepat sasaran dan berorientasi hasil,” jelas Arif Rahman Hakim.[ade]

Lebih baru Lebih lama