Dinkes Kalteng Gencarkan Upaya Eliminasi Malaria, Targetkan Tahun 2027

Dinkes Kalteng Gencarkan Upaya Eliminasi Malaria, Targetkan Tahun 2027

PALANGKA RAYA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Tengah terus menggencarkan upaya untuk mencapai target eliminasi malaria secara regional di Kalimantan pada tahun 2027. Langkah ini sejalan dengan visi pemerintah dalam memberantas penyakit malaria yang masih menjadi ancaman bagi kesehatan masyarakat di beberapa wilayah

“Sampai dengan saat ini, dua Kabupaten Kalimantan Tengah yang belum eliminasi malaria,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kalteng, Riza Syahputra saat Pertemuan On The Job Training (OJT) Pengelola Sistem Informasi Surveilans Malaria (SISMAL) di Palangka Raya, Kamis (5/9/2024). 

Riza menyampaikan dua wilayah Kalteng yang belum eliminasi malaria adalah Kabupaten Murung Raya (Mura) dan Kabupaten Kapuas.

Ia mengingatkan malaria masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di Indonesia dan global. Kemajuan program malaria terlihat dari semakin banyaknya kabupaten/kota yang mencapai eliminasi malaria.

Kemudian ditandai dengan trend API (Annual Parasite Incidence) yang menurun, dan capaian kelengkapan SISMAL (Sistem Informasi Surveilans Malaria).

Adapun yang menjadi tujuan program pencegahan dan pengendalian malaria di Indonesia adalah mencapai eliminasi malaria di Indonesia pada tahun 2030. Hal ini dicapai secara bertahap.[apri]
Lebih baru Lebih lama