Dukung PAT di Kabupaten Banjar, Kementan Ikut Tanam Padi Bersama Petani

Dukung PAT di Kabupaten Banjar, Kementan Ikut Tanam Padi Bersama Petani

BANJAR - Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong program perluasan Areal Tanam (PAT) Padi melalui berbagai kegiatan seperti optimasi lahan rawa, pompanisasi dan penanaman padi gogo. Salah satu langkah untuk mendukung hal tersebut melalui penyiapan sumberdaya manusia andal dengan mendorong peningkatan kompetensi dan pemahamannya dalam meningkatkan produksi padi.

Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, dalam berbagai kesempatan, menyampaikan bahwa sumber daya manusia (SDM) menjadi tulang punggung penggerak pembangunan pertanian. Karenanya, kata Menteri Amran, sudah seharusnya SDM pertanian memiliki kualitas yang mumpuni.

“Empat kunci yang perlu dipegang teguh agar SDM kita menjadi mumpuni. Di antaranya ialah bekerja yang terbaik, fokus, cepat dan berorientasi hasil,” ujar Menteri Amran.

Mendukung PAT ini, Idha Arsanti, bersama Kepala SMK PP Negeri Banjarbaru dan Kepala Dinas Pertanian Kab. Banjar melaksanakan kegiatan tanam padi bersama petani di kecamatan Martapura Timur, Kamis (5/9/2024).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian, Idha Arsanti, menyampaikan harapan semoga Pompanisasi yang dilaksanakan dapat membantu dalam upaya perluasan area tanam yang nantinya akan meningkatkan produksi padi.

Kepala BPPSDMP menyampaikan harapannya agar para kelompok UPJA dapat meningkatkan kapasitas dan profesionalitasnya dalam mengelola alsintan, baik dengan melakukan pencatatan keuangan maupun perawatan alsintan guna menjaga keberlangsungan pemanfaatan alsintan.

Kegiatan ini juga diikuti oleh para siswa siswi SMK PP Negeri Banjarbaru yang melaksanakan kegiatan Perluasan Area Tanam atau PAT.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi Kelompok Usaha Pelayanan Jasa Alsintan ( UPJA ) Maju Bersama di Kecamatan Astambul.

Idha Arsanti, menyampaikan bahwa kelompok UPJA sebagai penyedia alsintan harus berupaya dalam membantu petani dalam peningkatan produksi para petani.

Kepala SMK PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso  menyampaikan harapannya dengan kedatangan kabadan dan tanam bersama dapat memotivasi petani di kecamatan martim pada khususnya dan kab Banjar pada umumnya untuk kelompok upja di kecamatan Astambul.

"Kami harapkan semoga dengan kedatangan kabadan dengan dapat menambah optimalisasi dan profesionalitas kelompok upja di kecamatan Astambul," ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banjar, Nashrullah Shadiq menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Banjar senantiasa memperhatikan para kelompok UPJA di Kabupaten Banjar, karena merupakan hal yang penting dalam membantu para petani dalam meningkatkan produktivitas.[adv]

Tim Ekpos SMK-PPN Banjarbaru
Lebih baru Lebih lama