Gubernur Kalteng Buka Gebyar UMKM Wilayah Tengah di Kabupaten Kapuas

Gubernur Kalteng Buka Gebyar UMKM Wilayah Tengah di Kabupaten Kapuas

SUASANA pembukaan Gebyar UMKM Wilayah Tengah di Kab. Kapuas.| foto : zulkifli 

KUALA KAPUAS - Kabupaten Kapuas patut berbangga karena menjadi tempat pelaksanaan acara Gebyar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk wilayah tengah. Gebyar UMKM ini dibuka langsung oleh  Gubernur Provinsi Kalteng, H Sugianto Sabran bersama Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng, H Edy Pratowo buka Gebyar UMKM di kawasan Stadion Panunjung Tarung Kapuas, Kamis (12/9/2024). 

Gebyar UMKM Wilayah Tengah ini mengusung tema “Mari Kita Tingkatkan Kualitas Produk Usaha Mikro dan Kecil Guna Menghadapi Daya Saing Pasar Bebas”.

Gebyar UMKM merupakan salah satu langkah Pemprov Kalteng untuk mendukung pemberdayaan UMKM sebagai pilar ekonomi daerah. Sebelumnya, kegiatan serupa juga dilaksanakan di wilayah barat yakni Kabupaten Kotawaringin timur, Jumat (6/9/2024) lalu.

Gubernur mengatakan kegiatan Gebyar UMKM ini merupakan salah satu langkah Pemprov Kalteng untuk mendukung pengembangan UMKM agar mampu naik kelas dan berdaya saing.

“Kegiatan ini kita harapkan dapat membantu para pelaku UMKM sebagai sarana promosi untuk menampilkan berbagai produk unggulan, dan sekaligus membuka dan memperluas kemitraan jaringan UMKM di Kalimantan Tengah,” kata Sugianto Sabran.

Menurutnya, UMKM yang kuat akan menjadi lokomotif penggerak perekonomian daerah dan juga kesejahteraan masyarakat, membuka berbagai lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan mengurangi kemiskinan.

“Mudah-mudahan Gebyar UMKM yang kita laksanakan pada hari ini dapat menjadi satu pijakan bagi UMKM Kalimantan Tengah, agar semakin kreatif dan inovatif, untuk terus meningkatkan kualitas produk dan memperluas jangkauan usahanya, sehingga dapat berkontribusi lebih besar lagi dalam memperkuat ekonomi kerakyatan,” harapnya.

Dilanjutkannya, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian daerah, yang berperan penting dalam menyerap tenaga kerja, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan mendorong pertumbuhan ekonomi. 

"Melalui acara ini, kita ingin memberikan wadah bagi para pelaku UMKM untuk memamerkan produk-produk unggulannya, memperluas jaringan pemasaran, dan mendapatkan akses terhadap informasi dan peluang bisnis,” ungkapnya.

Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi para pelaku UMKM untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanannya, sehingga dapat bersaing di pasar nasional maupun internasional.

 “Saya berharap acara ini dapat menjadi momentum kebangkitan ekonomi daerah melalui penguatan sektor UMKM. Selain itu, saya juga berharap kegiatan seperti ini dapat menjadi ajang promosi bagi produk-produk lokal kita, sehingga semakin dikenal oleh masyarakat luas,” tuturnya.

Ia menyatakaan Pemerintah Kabupaten Kapuas berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan UMKM melalui berbagai program dan kebijakan, seperti Bantuan UMKM Kit dan Bantuan Modal UMKM, Pelatihan Menejemen Digitalisasi UMKM dan lainnya.

“Saya yakin dengan kerja keras dan sinergi yang baik antara Pemerintah, pelaku UMKM, dan seluruh stakeholders, ekonomi Kabupaten Kapuas akan semakin maju dan berkembang,” tukasnya.

Acara pembukaan Gebyar UMKM juga dirangkaikan dengan penyerahan secara simbolis bantuan produktif UMKM untuk 15 ribu Pelaku Usaha senilai 600 ribu rupiah per Pelaku Usaha.

Hadir dalam acara tersebut Ketua TP PKK Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Pj Kapuas H Darliansjah, Pj  Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani, unsur Forkopimda, Kepala Instansi Vertikal, serta Kepala Perangkat Daerah Lingkup Provinsi dan Kabupaten Kapuas.[rls/zulkifli]
Lebih baru Lebih lama