Gubernur Kalteng Buka Pasar Murah di Dua Lokasi di Kabupaten Kapuas, Ribuan Paket Sembako Digratiskan

Gubernur Kalteng Buka Pasar Murah di Dua Lokasi di Kabupaten Kapuas, Ribuan Paket Sembako Digratiskan

GUBERNUR Kalteng, H Sugianto Sabran membuka pasar murah di STAI Kapuas.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Sugianto Sabran membuka pasar murah yang digelar di STAI Kuala Kapuas tepatnya di Halaman Islamic Center, Kuala Kapuas, Jumat (13/9/2024) pagi.

Gubernur Sugianto Sabran menyampaikan pasar murah yang digelar ini merupakan bentuk perhatian Pemprov Kalteng dalam mendukung kesejahteraan mahasiswa dan masyarakat Kabupaten Kapuas. 

Untuk wilayah tengah khususnya di Kabupaten Kapuas, pasar murah sudah dilaksanakan di beberapa titik sejak tanggal 12 September 2024.

Sebanyak 2000 paket sembako disediakan Pemprov Kalteng pada pasar murah di Halaman Islamic Center yang berisikan beras 10 kilogram dan minyak goreng 1 liter senilai Rp 190.50, namun Pemprov Kalteng memberikan subsidi sebesar Rp 170.500 dan Gubernur Kalteng mensubsidi lagi 20 ribu rupiah, sehingga paket sembako ini gratis. 

Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga menekankan pentingnya pendidikan bagi anak-anak di Kalteng. Sebagai bentuk komitmen, pihaknya telah meluncurkan beasiswa program Tabungan Beasiswa (Tabe) Berkah bagi mahasiswa Kalteng yang tengah melanjutkan kuliah strata satu (S1).

Program Tabe Berkah ini sebesar Rp 7,5 juta per mahasiswa untuk kuota 20 ribu mahasiswa diharapkan dapat membantu meringankan biaya kuliah serta menarik minat untuk kuliah sekaligus dapat menambah semangat belajar.

“Kami ada program Tabe Berkah untuk mensejahterakan anak-anak Kalteng. Beasiswa ini sebesar 7,5 juta yang diberikan untuk 20 ribu mahasiswa tidak mampu di Kalteng”, ungkap Gubernur.

Tia Monica salah satu mahasiswa dari Kecamatan Mantangai mengaku telah mendapatkan sebanyak dua kali program dari Pemprov Kalteng yakni Tabe Berkah dan Tabe Wirausaha.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Provinsi  Kalteng Ivo Sugianto Sabran mengungkapkan pasar murah ini  adalah bentuk kepedulian Gubernur H. Sugianto Sabran dan jajaran untuk para mahasiswa dan guru maupun pegawai tidak tetap di STAI dan sekitarnya agar bisa mendapatkan sembako dengan harga terjangkau, bahkan kali ini digratiskan oleh Gubernur Kalteng.

Tidak lupa, Ivo mengajak untuk meningkatkan kesadaran akan peningkatan kepedulian dan peran serta masyarakat melalui pendewasaan usia perkawinan (PUP) kepada adik-adik yang baru lulus sekolah.

Sebagai informasi, Gubernur Kalteng beserta jajaran telah membuka secara resmi pasar murah sekaligus senam bersama masyarakat Kuala Kapuas, di Lapangan Bukit Ngalangkang, Kabupaten Kapuas. Pasar Murah di Lapangan Bukit Ngalangkang disediakan bagi PNS Gol I, II dan Tenaga Kontrak Lingkup Pemerintah Kabupaten Kapuas, sebanyak 3000 paket yang berisikan beras 10 kilogram dan minyak goreng 1 liter senilai Rp 190.500.

Sama dengan di lokasi lainnya, Pemprov Kalteng memberikan subsidi sebesar 170.500 rupiah dan Gubernur Kalteng mensubsidi lagi 20 ribu rupiah, sehingga paket sembako ini gratis.[rls/zulkifli]
Lebih baru Lebih lama