Inovasi Papah Modis Dalang RSDKH Balangan Jadi Pemenang Lomba Inovasi Bailang 2024

Inovasi Papah Modis Dalang RSDKH Balangan Jadi Pemenang Lomba Inovasi Bailang 2024

MUHAMMAD Firtah saat memegang penghargaan yang telah diraih dilomba Inovasi.| foto : istimewa

PARINGIN - Inovasi Pengelolaan dan Pemilahan Limbah Non Medis dengan metode Daur Ulang, miliki RSUD Datu Kandang Haji Balangan, terpilih menjadi pemenang lomba Inovasi Bailang tingkat Kabupaten Balangan, Rabu (4/9/2024). 

Dalam Lomba yang dilaksanakan Bapperida Balangan ada Top 10 BAILANG (Lomba Inovasi Balangan) 2024 yang terpilih, sedangkan yang mendapat posisi ketiga yakin Badan  Perencanaan Daerah, kemudian juara kedua Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. 

Sedangkan yang jatuh sebagai pemenang pertama yakin RSUD Datu Kandang Haji Balangan, dengan inovasi Inovasi Papah Modis Dalang. 

Karyawan RSDKH Balangan, Muhammad Firtah, usai mendapatkan penghargaan menjelaskan, Inovasi Papah Modis Dalang Batik. Merupakan novasi Pengelolaan dan Pemilahan Limbah Non Medis dengan Metode Daur Ulang menjadi Paving Block dan Batako Plastik. 

"Tujuannya inovasi ini agar Pengelolaan Limbah Non medis tidak salah digunakan yang berdampak pada potensi penyebaran penyakit akibat limbah medis atau non medis, apabila tidak dikelola secara benar," ujar Firtah. 

Dengan Inovasi ini baginya sangat membantu penyelesaian masalah tersebut, karena saat ini baik di daerah sendiri maupun berbagai daerah sangat rentan penyalahan gunaan limbah non medis. 

"Seperti botol infus yang kerap diperjual belikan secara tidak benar, harapannya dengan dikelola seperti di inovasi ini, kasusnya penyalahgunaan akan semakin berkurang dan lingkungan menjadi sehat dan aman," harapnya.[agus/adv]
Lebih baru Lebih lama