Juandi: Suguhkan Berita Akurat dan Berimbang

Juandi: Suguhkan Berita Akurat dan Berimbang

PULANG PISAU - Memasuki tahun politik, baik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024, peran media sangat diharapkan untuk penyebaran berita akurat dan berimbang, khususnya saat memberitakan masing-masing bakal pasangan calon kepala daerah. 

Tak hanya itu, peran media juga turut andil memberikan rasa sejuk dan damai selama tahapan pemilu berlangsung. Artinya, bukan tidak bisa memberi saran dan kritiknya, tetapi sajikan pemberitaan sesuai dengan fakta di lapangan sehingga tidak termakan hoax dan sebagainya. 

Oleh karena itu, Juandi salah seorang wartawan senior kembali mengingatkan dan meminta kepada media mainstream, baik cetak, elektronik dan online untuk melakukan pemberitaan yang seimbang dial antara para pasangan calon dengan segala kegiatannya selama tahapan kampanye berlangsung. 

Sebab, dirinya tak ingin pemberitaan yang tidak berimbang dan terkesan menyerang salah satu pasangan calon (paslon), menjadi kompor yang semakin memanaskan suasana politik di daerah Bumi Handep Hapakat ini. 

"Apalagi sampai menimbulkan konflik di tengah masyarakat dan di antara para pendukung. Mari kita kedepankan pemberitaan yang damai dan sejuk. Suguhkan pemberitaan yang mengulas kebaikan dan keunggulan Paslon tanpa harus menyerang Paslon lain," harapnya.

Tak hanya itu, tambah Juandi, para paslon maupun tim sukses untuk aktif memberikan informasi, jika ada kegiatan paslon yang hendak dilaksanakan. Dengan demikian, media akan mendapat informasi dan akses guna melakukan pemberitaan.

"Jangan sampai media dibilang tidak berimbang dalam menyajikan pemberitaan. Padahal Timsesnya tidak aktif memberikan informasi yang menghambat wartawan untuk mendapatkan informasi kegiatan," bebernya. 

"Kepada timses juga jangan sampai memberikan stigma yang kurang baik kepada wartawan yang tengah meliput masing-masing paslon, karena wartawan berhak mencari informasi dan sebagainya di masing-masing calon, jangan dikira teman media meliput salah satu calon langsung di vonis mendukung calon dimaksud, apalagi sampai menghambat tugas jurnalistiknya," tegas Juandi.[manan]

Lebih baru Lebih lama