Lurah dan Kades di Pulang Pisau Harus Netral di Pemilu Serentak 2024

Lurah dan Kades di Pulang Pisau Harus Netral di Pemilu Serentak 2024

PULANG PISAU - Para lurah dan kepala desa atau Kades se-Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), diminta menjaga netralitas di pilkada serentak 2024. 

Hal itu disampaikan Asisten I Setda Pulang Pisau Hayes saat membacakan sambutan Pj Bupati dalam Rapat Koordinasi Evaluasi Pemilihan Umum  dan Ikrar Netralitas Lurah dan Kades pada Pilkada 2024 yang digelar Bawaslu daerah setempat, Minggu (29/9/2024) di Aula Banama Tingang Kantor Bupati Pulang Pisau. 

"Di kegiatan ini, menekankan pentingnya netralitas lurah dan Kades di Pilkada serentak 2024. Sebab, aparatur desa memiliki pengaruh besar dalam menjaga stabilitas dan kepercayaan masyakarat selama proses demokrasi berlangsung, jadi netralitas lurah dan Kades sangat diperlukan agar terciptanya suasana yang kondusif, adil, dan transparan," ucapnya sembari mengingatkan.

Ia menyebut, rakor yang disertai ikrar bersama terkait netralitas oleh para lurah dan Kades ini diharapkan komitmennya untuk tidak memihak atau terlibat langsung dalam politik praktis selama Pilkada berlangsung. 

"Ikrar yang kalian bacakan bersama ini merupakan sumpah janji lo! Jadi, jangan ikut-ikutan dalam memihak salah satu paslon, baik Walikota dan Walikota, Bupati dan Wakil Bupati serta Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng, karena ada konsekuensi aturan perundang-undangan yang berlaku apabila terbukti melanggar,"ujarnya. 

Masih dalam poin sambutan Pj Bupati Pulang Pisau, ia meyakini dengan ketidakberpihakan atau netralitas lurah dan para Kades tentu mampu menjaga proses demokrasi tetap berjalan dengan baik dan sesuai harapan bersama, khususnya di Kabupaten Pulang Pisau.  

"Atas terselenggaranya kegiatan ini, kami mengapresiasi pihak Bawaslu Pulang Pisau. Hal ini tentu upaya bersama untuk pemilu yang damai, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil di Bumi Handep Hapakat," tutup Hayes. 

Sebelumnya juga, Pj Bupati Pulang Pisau mengingatkan sekaligus meminta seluruh ASN dan TKHL dilingkup Pemkab Pulang Pisau untuk menjaga netralitas di Pemilu serentak 2024, khususnya di Pilkada Pulang Pisau.[manan]

Lebih baru Lebih lama