Pemilihan Duta Genre 2024 Tingkat Kabupaten Pulang Pisau Digelar, Berikut Nama Juaranya

Pemilihan Duta Genre 2024 Tingkat Kabupaten Pulang Pisau Digelar, Berikut Nama Juaranya

PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau melalui Dinas P3AP2KB, mengelar pemilihan genre tahun 2024 tingkat kabupaten daerah setempat, Kamis (12/9/2024). 

Kegiatan berlangsung di Aula Bapperida Pulang Pisau dihadiri Staf Ahli Bupati, unsur forkopimda, sejumlah camat, peserta didik, dan para tamu undangan lainnya.

Membacakan sambutan Pj Bupati Pulang Pisau Hj Nunu Andriani, Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesra Edy Purwanto Casmani menyebut bahwa kehidupan dimasa remaja saat ini dipenuhi dengan dinamika dan berbagai tantangan. Dimana, ungkapnya, pernikahan usia anak, seks pra nikah, penyalahgunaan NAPZA, dan tingginya angka stunting di Indonesia masih terus menjadi masalah yang mengancam kapasitas remaja dalam menyongsong era bonus demografi tahun 2045.

"Jadi, dengan adanya pemilihan duga genre ini, diharapkan dapat melahirkan remaja-remaja yang tidak hanya mampu menjadi role model bagi teman sebayanya, tetapi juga menjadi remaja yang sukses berkarir dan kehidupan dalam suatu kompetisi," kata Edy Purwanto Casmani. 

Ia menuturkan, dilaksanakannya kegiatan ini tidak lain untuk meningkatkan pemahaman remaja mengenai kesehatan reproduksi kehidupan berkeluarga bagi remaja. 

"Program genre ini juga dalam rangka mendorong remaja melewati delapan transisi kehidupan remaja, mulai dari melanjutkan pendidikan, membangun karir, membina keluarga kecil bahagia sejahtera, menerapkan pola hidup sehat dan bersosialisasi kepada masyarakat," ujarnya. 

Ditambahkan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat melahirkan remaja-remaja yang tidak hanya mampu menjadi role model bagi teman sebayanya, tetapi juga menjadi remaja yang sukses dalam karir dan kehidupan dalam suatu kompetisi.

"Jadi, menang atau kalah sudah menjadi hal yang biasa. Yang terpenting adalah upaya dan semangat menjadi yang terbaik, karena semua finalisasi di pemilihan genre ini bagi saya semua sudah menjadi juara," tutup Edy Purwanto Casmani. 

Usai kegiatan, Plt Kadis P3AP2KB Pulang Pisau Hj Deni Widanarni mengatakan pemilihan Duta Genre Tingkat Kabupaten Pulang Pisau tahun 2024 ini, para peserta sudah melalui tahapan atau proses yang cukup panjang. 

Dimana, sebutnya, terdapat 10 peserta putra dan 13 putri dari enam kecamatan se-Kabupaten Pulang Pisau, hingga mengerucut menjadi lima besar finalis yang kemudian diuji dengan tahap advokasi.

"Lalu terpilih 3 besar finalis, hingga akhirnya menjadi sepasang finalis yang terpilih sebagai duta genre putra atas nama Ramadhan perwakilan Kecamatan Maliku, dan duta genre putri Salam Olivia dari Kahayan Tengah. Mereka ini nantinya, akan membantu program-program pemerintah terutama program pusat masalah stunting," kata Hj Deni didampingi Sekretaris dinas Ma'ruf Kurkhi.[manan]

Lebih baru Lebih lama