Peringati Harganas dan HAN 2024, Gubernur Kalteng Tegaskan Fokus pada Kesehatan dan Penurunan Stunting

Peringati Harganas dan HAN 2024, Gubernur Kalteng Tegaskan Fokus pada Kesehatan dan Penurunan Stunting

SAMPIT - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 dan Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 di Hotel Aquarius, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kamis (5/9/2024). 

Acara tersebut dibuka oleh Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran, dan dirangkaikan dengan Temu Kerja Tim Percepatan Penurunan Stunting se-Kalteng tahun 2024.

"Kita harus memerangi kemiskinan karena kemiskinan menyebabkan anak-anak tidak mampu melanjutkan sekolah dan memilih menikah muda karena desakan ekonomi. Hal itu yang bisa menyebabkan stunting, karena ibu hamil yang tidak bisa memenuhi gizi semenjak dalam kandungan, yaitu 1000 hari pertama kehidupan," tutur Sugianto Sabran saat menyampaikan sambutannya.

Di sisi lainnya Sugianto mengungkapkan Kalimantan Tengah menjadi salah satu dari lima provinsi yang terpilih menjadi lumbung pangan nasional. 

"Kalteng dipercayakan untuk menyiapkan satu juta hektare lahan. Ini memberikan peluang besar bagi pemuda-pemudi Kalteng untuk menjadi petani millenial dan turut serta dalam pembangunan pertanian," imbuhnya.

Dalam hal pelayanan kesehatan, Gubernur mengungkapkan bahwa Pemprov Kalteng telah mendirikan Rumah Sakit Provinsi di wilayah barat, dengan harapan agar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih maksimal. 

"Kami juga akan membangun Rumah Sakit Tipe A di KM 26 Tangkiling. Harapannya, masyarakat Kalimantan Tengah tidak perlu lagi berobat keluar provinsi," tuturnya.[apri]
Lebih baru Lebih lama